Orang dengan Golongan Darah Ini Berisiko Kecil Tertular Covid-19


Senin, 15 Juni 2020 - 06:50:45 WIB
Orang dengan Golongan Darah Ini Berisiko Kecil Tertular Covid-19 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Peneliti menemukan orang dengan golongan darah 0 berisiko kecil tertular Covid-19. Hal itu diutarakan oleh peneliti dunia.

Studi tersebut rupanya dilakukan oleh 23andMe, hasilnya juga pernah dirilis April lalu. Disebutkan bahwa orang dengan golongan darah O terlindung dari Covid-19 sekira 20%.

Perusahaan pengujian genetika tersebut merekrut lebih dari 750.000 orang untuk mengikuti studi, tentang berbagai jenis golongan darah. Nah para peneliti menemukan bahwa orang dengan golongan darah tipe O antara 9 dan 18 persen lebih kecil risikonya tertular Covid-19 dibandingkan orang dengan golongan darah lain.


Hasil penelitian mereka menemukan bahwa 1,3 persen orang dengan darah O dites positif terkena virus. Sementara 1,4 persen orang dengan darah dan 1,5 persen orang dengan darah B atau AB, juga dikonfirmasi memiliki virus.

Sementara itu, orang yang memiliki darah tipe O, 26 persen lebih kecil kemungkinannya untuk tertular virus jika terpapar. Para peneliti dari 23andMe mengatakan, mereka telah menemukan varian dalam gen ABO, yang bertanggung jawab untuk berbagai jenis darah.

Mereka mencatat bahwa penelitian belum ditinjau oleh sejawat. alam sebuah pernyataan, seorang juru bicara mengatakan, penelitian dan rekrutmen sedang berlangsung, dengan harapan dapat menggunakan platform penelitian ini memberikan berita baik.

"Pada akhirnya, kami berharap dapat mempublikasikan temuan penelitian kami untuk memberikan lebih banyak wawasan tentang Covid-19 untuk komunitas ilmiah," katanya seperti dilansir The Sun, Senin (15/6/2020). (*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]