Mal di Jakarta Kembali Dibuka, Pakar Kesehatan: Kami Khawatir Kasus Corona Melonjak Luar Biasa


Senin, 15 Juni 2020 - 07:45:23 WIB
Mal di Jakarta Kembali Dibuka, Pakar Kesehatan: Kami Khawatir Kasus Corona Melonjak Luar Biasa Ilustrasi mall

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Jelang penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal, kasus positif virus corona (Covid-19) masih terus bertambah setiap harinya. Bahkan, belakangan penambahan kasus positif memecahkan rekor.

Mengenai hal tersebut, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra mengatakan sejatinya tatanan kehidupan baru alias new normal alangkah baiknya tak buru-buru diterapkan di Indonesia. Apalagi angka pasien positif masih terus bertambah setiap harinya.

"Sebab laju transmisi masih terus terjadi dengan tidak terkendali," kata Hermawan kepada Okezone di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Ia pun menyayangkan langkah Pemprov DKI Jakarta yang sudah memperbolehkan mal untuk dibuka mulai hari ini. Ia khawatir saat mal dibuka kembali, akan terjadi lonjakan kasus baru yang cukup signifikan.

"Sementara pasar saja yang akan dibuka itu saja sudah menjadi klaster baru. Jadi, sekarang kami khawatir ada kasus yang luar biasa," tuturnya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, bisa saja usaha Pemprov DKI yang sudah meredam penyebaran Covid-19 selama tiga bulan belakangan bakal sia-sia lantaran pusat perbelanjaan dibuka.

"Jadi upaya DKI sudah 3 bulan melakukan pengendalian luar biasa dan akan sia-sia kalau semuanya jadi normal betul," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pada 14 Juni 2020, jumlah kasus positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia kembali bertambah 857 sehingga totalnya menjadi 38.277 kasus.

Kasus sembuh Covid-19 juga bertambah 755 orang sehingga total menjadi 14.531 orang. Sementara yang meninggal dunia juga bertambah menjadi 2.134 orang, setelah mengalami penambahan sebanyak 43 orang. (*)

 Sumber : okezone.com /  Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]aluan.com