New Normal, Perguruan Thawalib Padang Panjang Siapkan Protokol Kesehatan  


Senin, 15 Juni 2020 - 08:09:09 WIB
New Normal, Perguruan Thawalib Padang Panjang Siapkan Protokol Kesehatan     Perguruan Thawalib Padang Panjang

HARIANHALUAN.COM - Menyikapi penangganan Covid-19 dalam memasuki new normal, Perguruan Thawalib Padang Panjang tengah mempersiapkan langkah-langkah protokol kesehatan yang diterapkan di semua unit sekolah nantinya, seperti penggunaan masker, tempat mencuci tangan, pengukuran suhu badan serta menjaga kebersihan.

Selain mempersiapkan terkait protokol kesehatan, telah dilakukan kegiatan sosialisasi mengantisipasi wabah corona bagi kalangan tenaga kependidikan dan non kependidikan pada 21 Maret 2020 lalu dengan mendatangkan nara sumber dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang. Sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi langkah apa saja yang harus dilakukan dalam mengantisipasi corona.

Hal tersebut disampaikan Wakil Sekretaris Yayasan Thawalib Padang Panjang Fahmi dan Wakil Bendahara, Murefli kepada harianhaluan.com, Senin (15/6/2020). Menurut mereka, sebagai  lembaga pendidikan Islam, harus mengikuti kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, terutama pemerintah Padang Panjang dan Sumatera Barat dalam masalah covid-19.

Dijelaskan Fahmi, sejak ramai wabah corona pertengahan Maret lalu, Perguruan Thawalib telah meliburkan semua unit sekolah dari kegiatan proses belajar mengajar secara tatap muka, dengan beralih kepada belajar di rumah. “Para santri di Thawalib Putra maupun Thawalib Putri dipulangkan ke kampung halaman mereka masing masing untuk melaksanakan kegiatan belajar di rumah,” ujarnya.

Kebijakan meliburkan proses belajar mengajar tersebut sejalan dengan keputusan pemerintah agar dilakukan belajar di rumah selama penangganan covid 19. “Karena santri Thawalib berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat, bahkan ada yang dari luar seperti Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bengkulu, Palembang, Sumatera Utara dan sebagainya, maka pertengahan Maret sudah dipulangkan,” kata Fahmi.

Wabah corona yang belum diketahui pasti seperti apa dan bagaimana langkah antisipasi, maka Perguruan Thawalib langsung mengadakan kegiatan sosialisasi pada 21 Maret lalu untuk para guru dan karyawan. Kegiatan sosialisasi yang di adakan di Thawalib Putra dan di Thawalib Putri, mendatangkan nara sumber dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang. “Sebagai hal yang baru tentang corona, maka kami sengaja membuat acara sosialisasi bagi guru dan karyawan. Sebab, mereka yang nantinya akan melayani para santri dan murid jadi harus mengerti soal antisipasi wabah corona,” kata Fahmi.

Protokol Kesehatan
Menurut Wakil Bendahara Yayasan Thawalib Murefli, sejak penangganan covid 19 oleh pemerintah Padang Panjang, maka berbagai langkah antisipasi juga dilakukan di Perguruan Thawalib seperti kegiatan penyemprotan disinfektan. “Alhamdulillah, pihak dari Brimob datang melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan dan bangunan baik di Thawalib Putra maupun di Thawalib Putri,” katanya.

Meski sampai saat ini sekolah diliburkan dan dilakukan belajar di rumah, langkah langkah persiapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah sedang dilaksanakan di Perguruan Thawalib. Misalnya, memasang tempat mencuci tangan di lingkungan asrama Thawalib Putra dan Putri. Kemudian, memasang tempat mencuci tangan di lingkungan gedung sekolah baik untuk RAA, MIUT maupun Thawalib Putra dan Putri.

Persiapan protokol kesehatan lainnya, kata Murefli, yakni mempersiapkan masker yang akan dipergunakan oleh para santri Thawalib Putra dan Putri manakala sudah dimulai proses belajar tatap muka nantinya. “Kini sudah disiapkan masker yang dibuat khusus dari kain untuk para santri. Jadi nanti seluruh santri wajib menggunakan masker jika sudah mulai masuk sekolah,” ujarnya.

Langkah persiapan lain yakni menyediakan alat pengukur suhu badan. Alat ini sudah dipersiapkan sehingga para santri, guru dan karyawan dilakukan pengukur suhu badan setiap hari.

Persiapan protokol kesehatan di Perguruan Thawalib juga sudah dilakukan dengan membuat peraturan internal selama menjalankan protokol kesehatan seperti seluruh santri yang akan masuk asrama nantinya, wajib membawa surat keterangan kesehatan. Surat keterangan kesehatan para santri tersebut harus diserahkan kepada guru asrama.

Kata Mureli, sudah dibuatkan SOP protokol kesehatan di lingkungan Perguruan Thawalib, baik di putra, maupun putri dengan penanggungjawab gugus tugas protokol kesehatan adalah kepala sekolah dan guru asrama. “Yayasan Thawalib telah menetapkan seluruh kepala sekolah sebagai penanggungjawab gugus tugas protokol kesehatan. Kemudian untuk di asrama yang menjadi penanggungjawab gugus tugasnya adalah guru asrama,” ujar Murefli.

Menjawab pertanyaan kapan santri Thawalib akan masuk sekolah, kata Fahmi keputusan Yayasan Thawalib sekolah di rumah sampai tahun ajaran baru 2020/2021. Sehingga sampai sekarang kegiatan proses belajar mengajar secara tatap muka belum dilakukan di Perguruan Thawalib.

Sedangkan untuk kapan masuk sekolah, baik untuk calon santri baru Perguruan Thawalib tahun ajaran 2020/2021, maupun santri lama, hal tersebut akan dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Penangganan Covid 19 Kota Padang Panjang serta instansi lainnya seperti Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Padang Panjang.

“Prinsipnya saat ini, Yayasan Thawalib tengah mempersiapkan langkah langkah protokol kesehatan yang harus dipenuhi dan diikuti. Baik bagi guru dan karyawan  maupun para santri. Sedangkan soal kapan sekolah dimulai, kami akan berkoordinasi dengan instansi yang berwenang mengenai hal itu. Yang jelas, masalah kesehata para santri dan murid Perguruan Thawalib, serta guru dan karyawan harus menjadi perhatian utama,” kata Fahmi.(*)

 Sumber : rilis /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]