Cuaca Cerah, Nelayan Pantai Puruih Kembali Melaut


Senin, 15 Juni 2020 - 11:52:04 WIB
Cuaca Cerah, Nelayan Pantai Puruih Kembali Melaut Suasana pantai puruih. Foto: Milna

HARIANHALUAN.COM - Setelah mandeg selama 2 (dua) hari terakhir karena dilanda cuaca ekstrem disertai badai, sejumlah nelayan di Pantai Puruih, Kota Padang pada Senin (15/6/2020) sudah kembali melaut. Pasalnya, kondisi ombak sudah mulai cerah, sehingga para nelayan mulai melakukan aktivitasnya untuk menangkap ikan.

"Iya hari ini kondisi cuaca sudah cerah, kami kembali menangkap ikan di laut. Mudah-mudahan dapat ikan banyak," kata If, seorang nelayan jaring warga Puruih, Senin (15/6/2020).

Menurut If, sejak dua hari yang lalu, nelayan memang tidak mencari ikan ke laut. Hal itu disebabkan tingginya ombak dan kencangnya angin laut yang memaksa nelayan menyandarkan perahunya untuk sementara waktu. Padahal, saat akhir pekan kemarin konsumen banyak mencari ikan.

"Kalau setiap hari Minggu, pasti banyak pembeli apalagi ikan tongkol. Banyak yang nyari, tapi karena cuaca belum stabil makanya tidak bisa turun ke laut. Tapi alhamdulillah hari ini cuaca kembali membaik," ujar If.

Meski demikian, If menuturkan saat ini belum seluruh nelayan yang turun melaut. Namun, dia menyakini stok hasil tangkapan nelayan mampu menutupi kebutuhan pasar terutama terhadap permintaan konsumen akan ikan basah (ikan laut).

"Walaupun cuaca cerah tapi belum semua yang melaut. Nelayan baru sebagian melaut, terutama jaring selapis dan pukat tarik pulang hari atau istilah berangkat pagi pulang sore karena didesak kebutuhan hidup," sebut If.

Sementara, berskala menengah 10 GT ke atas, hingga kini belum melaut dan bersandar di pinggir pantai Puruih. If memperkirakan aktivitas nelayan yang lainnya kembali normal melaut dua hingga tiga hari ke depan. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]