3 Alat Pelindung Diri Ini Wajib Dipakai saat Berada di Restoran


Senin, 15 Juni 2020 - 12:16:28 WIB
3 Alat Pelindung Diri Ini Wajib Dipakai saat Berada di Restoran Alat pelindung diri yang wajib dipakai oleh pelayan restoran Foto: iStock

HARIANHALUAN.COM - Masa new normal restoran sudah mulai membuka gerainya dengan menjalankan protokol kesehatan. Tiga alat pelindung diri ini wajib dikenakan supaya aman.

Pemerintah telah menetapkan masa new normal sejak Senin (8/7). Dengan demikian tempat-tempat umum seperti restoran atau rumah makan perlahan mulai membuka gerainya. Para pelaku bisnis kuliner itu tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat sebagai bentuk antisipasi COVID-19.

Protokol kesehatan itu bisa meliputi penggunaan alat pelindung diri bagi para karyawan, pelayan dan semua orang yang terlibat dalam pengelolaan rumah makan, restoran dan kafe. Tiga alat pelindung diri ini wajib dikenakan.

1. Masker

Masker merupakan salah satu item yang paling penting untuk dipakai di tengah pandemi COVID-19. Terutama oleh para pelayan dan orang yang terlibat dalam proses produksi makanan di restoran maupun rumah makan. Penggunaan masker juga dianjurkan oleh Pemerintah untuk melindungi diri dan orang lain.

Bahkan dalam Buku Panduan 'Serba COVID, Cegah COVID-19 Sehat untuk Semua' yang dirancang Badan Pengelolaan Obat dan Makanan (Badan POM), tertulis bahwa tips memilih restoran adalah memilih yang pelayannya menggunakan masker. Masker efektif menahan droplet baik ke orang lain maupun ke benda sekitar termasuk makanan.

2. Sarung Tangan

Memakai alat pelindung diri berupa sarung tangan pada pelayan restoran menjadi protokol kesehatan yang dilakukan di restoran dan rumah makan. Pasalnya tangan merupakan area yang berpeluang besar menjadi tempat bersarangnya berbagai bakteri, termasuk virus.

Selain itu, sarung tangan pada pelayan restoran juga berfungsi sebagai indikator bahwa restoran atau rumah makan memperhatikan kualitas makanan dan pelayanan untuk pelanggan. Tentunya sarung tagan yang dikenakan oleh bagian produksi maupun bagian serving (pelayan) adalah sarung tangan khusus untuk makanan bukan untuk keperluan medis.

3. Face Shield

Supaya lebih aman lagi, pelayan restoran dianjurkan memakai face shield atau penutup wajah transparan. Pengaman transparan yang dipasang di wajah ini berguna untuk mencegah droplet menyebar ke luar dan menghalangi masuknya droplet dari luar. Penggunaan face shield mampu melindung mata, hidup hingga mulut.

Tak hanya itu, penggunaan alat pelindung diri ini dapat menunjang jaga jarak yang aman. Jadi antara pengunjung dan pelayan restoran bisa berkomunikasi tanpa perlu berdekatan. Tetapi masih bisa bertatap muka. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 10:50:10 WIB

    Tekan 3 Titik di Tubuh, Sehatkan Paru-paru dan Tingkatkan Imunitas

    Tekan 3 Titik di Tubuh, Sehatkan Paru-paru dan Tingkatkan Imunitas HARIANHALUAN.COM - Virus corona atau COVID-19, merupakan penyakit pernapasan, yang ditularkan melalui percikan batuk atau bersin. Selain menjaga jarak, memakai masker dan menjaga kebersihan, penting untuk menjaga kesehatan pa.
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 10:43:31 WIB

    Hati-hati, 3 Benda Rumah Jadi Sarang Tersembunyi Virus Corona

    Hati-hati, 3 Benda Rumah Jadi Sarang Tersembunyi Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of internal Medicine, sebanyak 45 persen kasus virus corona atau COVID-19, mungkin tidak menunjukkan gejala. Itulah sebabnya, sangat sulit untu.
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:23:15 WIB

    Vaksin Covid-19 Ditemukan, 3 Ini Kandidat Terkuatnya?

    Vaksin Covid-19 Ditemukan, 3 Ini Kandidat Terkuatnya? HARIANHALUAN.COM - Peneliti di banyak negara masih terus berlomba-lomba untuk menemukan vaksin yang akan menumpas penyebaran virus Covid-19. Kabar terbaru, terdapat tiga kandidat vaksin yang dinilai paling menjanjikan..
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 16:50:27 WIB

    3 Lokasi Ini Berpotensi Jadi Klaster Baru Covid-19, di Mana Saja?

    3 Lokasi Ini Berpotensi Jadi Klaster Baru Covid-19, di Mana Saja? HARIANHALUAN.COM - Saat new normal diberlakukan, itu berarti kehidupan akan berjalan seperti biasanya. Pembedanya adalah masyarakat mesti menaati protokol kesehatan supaya tetap terjaga dari paparan virus corona..
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:20:11 WIB

    Saat New Normal, 3 Lokasi Ini Berpotensi Jadi Klaster Baru Covid-19

    Saat New Normal, 3 Lokasi Ini Berpotensi Jadi Klaster Baru Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Saat new normal diberlakukan, itu berarti kehidupan akan berjalan seperti biasanya. Pembedanya adalah masyarakat mesti menaati protokol kesehatan supaya tetap terjaga dari paparan virus corona..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]