Pemuda Ambil Alih dan Tutup Kantor Wali Nagari Kubang Pessel


Senin, 15 Juni 2020 - 13:34:13 WIB
Pemuda Ambil Alih dan Tutup Kantor Wali Nagari Kubang Pessel Kantor Wali Nagari Kubang ditutup pemuda.

HARIANHALUAN.COM - Kantor Wali Nagari Kubang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan di tutup oleh sejumlah masyarakat setempat, Senin (15/6).

Informasi yang dihimpun Harianhaluan.com di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP), mantan ketua Bamus Asril menyebutkan, kantor pelayan umum tersebut pada awalnya merupakan kantor Pemuda yang dipinjam pakai oleh pemerintahan nagari yang digunakan sebagai kantor wali nagari Kubang

Sementara pemerintah nagari sebelumnya sudah membeli lahan (tanah) untuk kantor wali nagari, namun sampai saat ini tidak di memanfaatkan sesuai mestinya. Akhirnya sejumlah pemuda merasa kurang puas, pintu kantor wali nagari tersebut di tutup dengan plang pintu.

"Kemudian pada bagian depan kantor ditempatkan kertas berbagai tulisan ketidak puasa pemuda nagari tersebut," katanya.

Ketua pemuda, Romi (Bacun) juga membenarkan penutupan kantor wali nagari. Aasannya, kantor pemuda di pakai oleh pemerintah Nagari (Wali Nagari) dalam waktu yang sudah lama atau puluhan tahun silam sampai saat ini.

Penutupan kantor wali dengan plang pintu tersebut cukup beralasan, kantor tersebut akan dimamfatkan kembali oleh kantor pemuda nagari Kubang,sedangkan pemerintahan nagari akan dapat memafaatkan lahan yang sudah ada untuk kantor wali nagari.

Asril juga menanggapi positif yang dilakukan oleh pemuda, karena kantor tersebut bukan kantor pemerintah nagari (wali nagari). Namun merupakan kantor pemuda semenjak dari orang tua mereka, dan sudah sewajarnya kantor tersebut diambil alih oleh pemuda.

Menurut Asril, pemerintah nagari priode sebelumnya telah membeli tanah seluas 600 m, dan di peruntukkan utuk kantor wali nagari, namun hal ini tidak dilanjutkan oleh pemerintah nagari sekarang, bahkan dialihkan untuk pembangunan Puskesri yang saat ini pembangunannya tengah dilaksanakan

"Pnutupan kantor wali nagari tersebut murni dari pemuda, selain itu mendukung surat laporan Bamus nagari Kubang kepada Bupati 1 juni 2020, namun hal tersebut belum ada tanggapan sampai saat ini," jelas asril.

Ketua Bamus Nagari Kubang Roni Hendrianto, mengatakan, penutupan kantor wali nagari itu adalah haknya pemuda nagari, kalau pemuda melakukan itu hal sewajarnya, Karena kantor yang ditempati oleh pemerintah nagari semenjak pemekaran adalah kantor pemuda.

Menurutnya, Bamus telah melaporkan kepada bupati kabupaten, namun hal tersebut belum ada di tindak lanjuti surat tersebut.

Pihaknya mengakui ada surat undangan dari camat bayang, tapi kami tidak menghadirinya, hal tersebut terkait tentang mencari penyelesaiannya.

Nofriandi, Wali Nagari Kubang mengatakan, pihaknya belum mengetahui adanya penutupan kantor wali nagari tersebut, dengan afanya informasi bahwa akan ada penutupan kantor wali nagari oleh pemuda, pihaknya mengakui kantor penerintahan nagari saat ini adalah milik kantor pemuda, bila kantor tidak dipakai oleh pemuda tentu di cari solusinya

Ketika ditanya bahwa ada Surat laporan bamus nagari kubang kepada Bupat tentang wali nagari kubang, Nofriandi tidak mengetahuinya. (*)

Reporter : M Joni /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]