Tagihan Air Membengkak? Ini Cara Cek Kebocoran Pipa Air di Rumah


Senin, 15 Juni 2020 - 13:50:11 WIB
Tagihan Air Membengkak? Ini Cara Cek Kebocoran Pipa Air di Rumah Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setelah satu jam, perhatikan kembali meter air dan catat kembali angka pemakaian. Jika angka yang tertera di meter lebih besar, maka dapat diidentifikasi bahwa sambungan pipa air mengalami kebocoran.

Kebocoran pipa air sering terjadi karena pelampung di dalam tandon sudah rusak/tidak berfungsi sehingga pemakaian air menjadi tinggi.

Perbaikan adalah tanggung jawab pelanggan

Manajer Senior Kelola Pemakaian Air PDAM Surya Sembada Surabaya, Sayid Mochammad Iqbal Alattas, mengatakan, cara terakhir untuk memastikan ada kebocoran atau tidak adalah dengan mengecek stop keran air.

"Pastikan stop keran airnya tidak dol (rusak), karena yang paling jelas terlihat ada kebocoran atau tidak bisa dilihat dari stop keran airnya," kata Iqbal, dikutip Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Jika terjadi kerusakan, perbaikan kebocoran instalasi sambungan air yang terjadi di rumah merupakan tanggung jawab pelanggan.

"PDAM itu seperti PLN. Jadi tanggung jawab PDAM itu sampai di batas meter. Kalau titik kebocoran teridentifikasi sebelum meter, maka itu menjadi tanggung jawab PDAM dan pelanggan tidak dikenakan biaya apa pun. Tetapi kalau kebocoran teridentifikasi ada pada instalasi sambungan pipa setelah meteran, maka itu sudah termasuk wilayah pelanggan," kata Iqbal 

Jika kebocoran pipa air terjadi di wilayah pelanggan, maka PDAM tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan perbaikan.

Namun, mencoba membantu masyarakat untuk mengidentifikasi adanya kebocoran dengan membagikan langkah-langkah pengecekan tersebut.

Selain permasalahan kebocoran pipa, salah satu permasalahan lain yang juga kerap dialami pelanggan PDAM adalah warna air yang keluar tidak berwarna bening atau keruh.

Menurut Iqbal, hal ini bisa terjadi karena adanya perbaikan pipa air.

"Mungkin di sekitar ada perbaikan pipa, setelah proses perbaikan pipa selesai air terkadang tidang langsung bening," kata Iqbal. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]