Hari ini, KPU Sumbar Mulai Tahapan Pilkada 2020


Senin, 15 Juni 2020 - 16:30:23 WIB
Hari ini, KPU Sumbar Mulai Tahapan Pilkada 2020 Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Amnasmen.

HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan instruksi KPU RI, Hari ini Senin (15/6/2020) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat memulai tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumbar 2020 di era normal baru.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengatakan, untuk tahap awal pihaknya akan mengaktifkan penyelenggara Pilkada Ad Hoc yaitu Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan.

"Tahapan awal ini, kita akan aktifkan dan lantik anggota PPS yang telah memenuhi prosedur serta melakukan pemeriksaan masa tugas mereka yang telah habis," sebutnya Amnasmen.

Ditambahkannya, dalam kesepakatan antara Kemendagri, DPR RI, KPU, Bawaslu, DKPP, dan pihak terkait, pelaksanaan Pilkada saat pandemi Covid-19 direncanakan digelar pada 9 Desember 2020 setelah menjalani penundaan.

"KPU RI sendiri resmi mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada resmi keluar pada Jumat, 12 Juni 2020 yang menjadi hasil revisi dari PKPU Nomor 15 Tahun 2019," katanya lagi.

Kemudian kepastian pelaksanaan tahapan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 juga disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sumatera Barat Izwaryani. Kata dia, keputisan itu disampaikan KPU RI melalui KPU provinsi untuk pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang.

"Berharap semua bisa berjalan tepat waktu, sesuai jadwal yang telah ditetapkan," ujar Izwaryani saat ditemui Harianhaluan.com diruang kerjanya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]