Pisang Langka Berbuah Seribu Ditemukan di Padang


Senin, 15 Juni 2020 - 17:19:45 WIB
Pisang Langka Berbuah Seribu Ditemukan di Padang Penemuan pisang langka dikawasan Surau Balai, Kecamatan, Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat.

HARIANHALUAN.COM - Pisang langka kembali ditemukan di kawasan Surau Balai, Kecamatan, Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat. Pasalnya, batang pisang berukuran pendek itu memiliki buah banyak tidak selayaknya pisang-pisang biasanya.

Masyarakat setempat menyebutnya "pisang seribu" yang dirawat oleh seorang ibu rumah tangga bernama Zurliani (61). Berawal ketika ia meminta tampang pisang kepada temanya dikawasan Lubuk Begalung, Kota Padang.

"Pisang itu tumbuh seperti layaknya pisang biasanya, lama-lama, pisang mengalami perubahan pada tandannya yang memiliki ukuran panjang dan mempunyai banyak buah," ujar Zurliani, Senin (15/6/2020)

Seumur hidup, sambung Zurliani, baru kali ini ia menemukan dan melihat bahkan merawat langsung pisang yang memilki buah lebih dibanding pisang lainnya. Apalagi dalam perawatan, hanya menggunakan pola perawatan pisang-pisang pada umumnya.

"Sudah ada orang yang datang kerumah untuk meminta pisang. Namun saya belum bisa memberikannya kepada siapapun," kata Zurliani saat ditemui di rumahnya.

Ditambahkannya, jika dihitung, jumlah buah pada tandan pisang tersebut mencapai sekitar seribu buah. Jumlah tersebut diyakini terus bertambah seiring tandan pisang yang terus tumbuh. Sunarto pun berjanji tidak akan menjual pisang tersebut.

"Ukurannya seperti pisang manis pada umumnya, jika tanahnya subur, pisang ini sebenarnya bisa tumbuh setinggi dua," tandasnya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]