Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail


Senin, 15 Juni 2020 - 22:00:51 WIB
Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM -  Google menyediakan 15 GB penyimpanan gratis untuk setiap akun, tetapi ruang itu dibagi di semua produk Google. Itu berarti kuotanya di bagi ke Gmail, Google Drive, Foto Google, dan berbagai layanan lainnya. (Baca juga: Peneliti Meretas Siri dan Google Assistant via Gelombang Ultrasonik)

Di atas semua itu, mungkin sulit untuk mengatakan apa sebenarnya digunakan oleh Gmail. Untungnya, sangat mudah untuk memeriksa pesan mana yang mengisi penyimpanan, jika Anda menggunakan fungsi pencarian bawaan Gmail.

Dilansir dari situs Android Police, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara membersihkan penyimpanan Gmail hanya dalam beberapa langkah.

Periksa Penggunaan Kuota
Pertama, penting untuk melihat seberapa banyak ruang yang sebenarnya digunakan Gmail dibandingkan dengan layanan Google lainnya. Buka one.google.com/storage di browser Anda untuk melihat rincian untuk setiap produk Google.
Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail

Jika Anda menggunakan akun G Suite, pengguna mungkin akan dibawa ke halaman penyimpanan Drive. Jika demikian, pengguna harus mengklik tautan 'Lihat detail' di halaman untuk melihat semua detail.
Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail

Jika Anda telah mengonfirmasi bahwa Gmail menghabiskan sejumlah besar penyimpanan, teruskan membaca.

Hapus Email Sampah
Anda mungkin memiliki banyak pesan di kotak masuk dari pengecer, milis, dan sumber lain yang tidak lagi berguna. Ada cara mudah untuk memeriksa email yang dikirim secara otomatis -lakukan pencarian Gmail untuk "berhenti berlangganan" dengan tanda kutip.

Ini akan memunculkan setiap pesan dengan kata berhenti berlangganan, yang biasanya menyertakan milis di bagian bawah pesan.
Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail

Secara default, Gmail berupaya menyortir email dari pengecer, milis, dan daftar otomatis lainnya ke dalam tab 'Promosi'. Jika Anda ingin memasukkan pesan yang menurut Gmail adalah email promosi, tambahkan "ATAU kategori: promosi" (tanpa tanda kutip) ke pencarian Anda, seperti pada tangkapan layar di bawah ini.
Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail

Jika Anda menggunakan aplikasi web Gmail desktop (bukan aplikasi seluler), Anda dapat mengklik kotak centang di bilah atas untuk memilih semua pesan sekaligus, lalu memindahkan semuanya ke tempat sampah.

Setelah mengklik kotak centang, Anda dapat mengklik 'Pilih semua percakapan yang cocok dengan pencarian ini'. Kemudian tombol tempat sampah untuk menghapus setiap pesan yang cocok.
Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail

Setelah selesai memusnahkannya, buka folder Trash di sidebar Gmail (Anda mungkin harus mengklik 'More' di sidebar terlebih dahulu), dan klik 'Empty trash now'.

Sekarang periksa kembali dasbor penyimpanan Anda dan lihat berapa banyak ruang yang dipulihkan. Jika masih membutuhkan lebih banyak ruang di akun, ada beberapa cara lagi untuk membersihkan penyimpanan.

Hapus Lampiran Besar
Email dengan lampiran besar, baik yang dikirim atau diterima oleh Anda, juga dapat memakan banyak ruang. Buka Gmail di ponsel atau desktop, dan lakukan pencarian untuk "size: 5m" (tanpa tanda kutip). Ini akan menampilkan semua email yang berukuran 5 MB atau lebih besar.

Di sini Anda dapat melihat setiap pesan individual, dan menghapus pesan-pesan yang tidak perlu disimpan. Anda juga dapat memilih semuanya dan memindahkannya ke tempat sampah dalam satu sendok. Seperti halnya dengan junk mail, jika Anda tidak khawatir kehilangan informasi apa pun yang disimpan dalam lampiran. Sekali lagi, pastikan untuk membersihkan Sampah Anda setelah Anda selesai.

Hapus Email Lama
Jika Anda sama sekali tidak peduli tentang menjaga email, Gmail juga memudahkan untuk menghapus semua pesan yang dikirim sebelum tanggal tertentu menggunakan operator pencarian "older_than". Misalnya, jika Anda mencari "older_than: 1y" (tanpa tanda kutip), Anda akan melihat semua email Anda yang lebih dari 1 tahun.
Tips Mudah Memaksimalkan Penyimpanan Email di Gmail

Anda dapat mengubah jumlah tahun dengan mengedit nomor sebelum tanda "y". Gmail juga mendukung pencarian berdasarkan bulan atau hari dengan masing-masing menggunakan "m" atau "d". (*)
 

 Sumber : sindonews.com /  Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]