Antisipasi Covid-19, Sumbar Targetkan Periksa Sampel hingga 50 Ribu Spesimen


Selasa, 16 Juni 2020 - 11:57:55 WIB
Antisipasi Covid-19, Sumbar Targetkan Periksa Sampel hingga 50 Ribu Spesimen Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

HARIANHALUAN.COM - Upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) telah menyelesaikan sekitar 27 ribu pemeriksaan sampel swab atau sekitar 0,6 persen dari total jumlah penduduk di daerah ini. Irwan Prayitno selaku Gubernur Sumbar akan menargetkan pemeriksaan sampel dan spesimen Covid-19 sebanyak 50 ribu.

Artinya, satu persen dari total penduduk dengan kekuatan (VCR) swab test yang dilakukan oleh tim dr. Andani Eka Putra. Saat ini dua labor penanganan sampel virus Corona mampu menyelesaikan pemeriksaan sampel  lebih dari 1.500 perharinya. Dengan kekuatan tracking pada masa TNBPAC ini akan menjangkau kalangan pelaku pariwisata. 

"Pelaksanaan swab test gratis bukan lagi sebatas ODP, PDP maupun OTG," kata Irwan Prayitno Sabtu (13/6/2020) lalu.

Irwan Prayitno meyakini dimasa new normal ini, dengan potensi besar yang dimiliki labor FK Unand akan mampu melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 dengan kegiatan swab tes, bagi setiap orang masuk dan pelaku usaha semuanya dilakukan test yang merasa daerahnya negatif.  Pendekteksian cepat penyebaran virus Corona ini akan mampu memutus mata rantai. 

"Karena itu, para petugas dilapangan hendaknya kerja sungguh-sungguh. Sehingga ini akan mampu memberi rasa aman, mengurangi rasa cemas dan khawatir akan virus Corona bagi masyarakat dalam menjalankan atifitas," ajak Gubernur.

Saat ini, dalam upaya pemeriksaan spesimen dan sampel pasien Covid-19 didukung penuh oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso. Selain itu, pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (new normal) akan masuk kepada masa pemulihan ekonomi masyarakat.

"Dalam pelaksanaan new normal ini, masyarakat kita mampu melakukan antisipasi penyebaran Covid-19, walau aktifitas kehidupan berjalan normal namun dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Masyarakat seharusnya sudah paham dan pentingnya budaya pakai masker (protokol Covid) sampai ada obat dari virus ini, baru bisa hidup normal seperti biasanya," tutupnya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]