Pelantikan PPS, Tandai Tahapan Pilkada Serentak Resmi Dimulai di Pasaman


Selasa, 16 Juni 2020 - 15:54:45 WIB
Pelantikan PPS, Tandai Tahapan Pilkada Serentak Resmi Dimulai di Pasaman Pelantikan PPS di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pasaman, tetap mempedomani protokol kesehatan.

HARIANHALUAN.COM - Tahapan Pilkada serentak 2020 resmi dimulai. Ini ditandai dengan dilantiknya 111 Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau ad hoc di tiap kecamatan oleh KPU Kabupaten Pasaman. 

Tahapan pemilihan kepala daerah sempat dihentikan, akibat mewabahnya virus korona (Covid-19) di tanah air. Seyogyanya, jadwal pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 dilaksanakan pada 23 September 2020. Namun, akibat pandemi diundur menjadi 9 Desember 2020.

Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Rodi Andermi mengatakan dengan diterbitkannya PKPU Nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan program dan jadwal pemilihan, secara resmi tahapan pilkada serentak sudah dilanjutkan kembali. 

"Tahapan pemilihan serentak pada tahun ini di Kabupaten Pasaman, kini dilanjutkan kembali. Tahapan sempat tertunda karena adanya pandemi Covid-19," ujarnya, kepada sejumlah wartawan di Lubuksikaping, Selasa (16/6/2020).

Sebelumnya, kata dia, pada Maret lalu Surat KPU Nomor 179 tentang penundaan beberapa tahapan pemilihan serentak secara resmi dicabut, yakni tahapan penundaan pelantikan PPS, perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), verifikasi calon perseorangan, dan pemutakhiran data pemilih.

"Pelantikan panitia adhoc (PPS) pada Senin (15/6/2020) lalu, menandai dimulainya tahapan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Pasaman," katanya. 

Sementara, Komisioner KPU Kabupaten Pasaman, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Eria Candra mengatakan, pengaktifan kembali PPK dan Sekretariat PPK serta pelantikan PPS sudah sesuai dengan surat KPU RI Nomor 441 tentang pengaktifan kembali PPK dan PPS untuk pemilihan tahun 2020.

"Untuk itu, kita (KPU) akan gencar melakukan sosialisasi pemilu secara masif kepada masyarakat. Sosialisasi akan menyasar 10 elemen masyarakat," tukas Erik, sapaan akrabnya. 

Ditengah pandemi Covid-19 ini, kata dia, KPU Kabupaten Pasaman harus memperhatikan protokol kesehatan sesuai dengan arahan Gugus Tugas setempat. "Makanya, pelantikan PPS dilaksanakan melalui mekanisme pelimpahan wewenang kepada para PPK di wilayah kerja KPU Pasaman," tambanya.

PPS, kata dia, akan melaksanakan tugas-tugasnya diantaranya adalah verifikasi faktual calon perseorangan Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat. Tahapan ini segera dilaksanakan pada 24 Juni 2020 sampai dengan 12 Juli 2020.

Tahapan terdekat, kata Erik, yaitu Pembentukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), pada 24 Juni hingga 14 Juli 2020. PPDP tersebut akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap pemutakhiran data pemilih, yakni 15 Juli 2020 sampai 13 Agustus 2020.

"Pesan saya, selamat menjalankan amanah bagi PPS yang baru saja dilantik. Tetap jaga integritas dan bekerja sesuai dengan aturan perundang undangan dan memperhatikan protokol kesehatan," tukas Erik. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 10:58:41 WIB

    Wiranto Mulai Sembuh, Singgung Soal Pelantikan Kabinet Jokowi, Ada Apa?

    Wiranto Mulai Sembuh, Singgung Soal Pelantikan Kabinet Jokowi, Ada Apa? Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto yang ditusuk teroris jaringan JAD hingga Selasa (15/10/2019) hari ini semakin membaik, Wiranto sudah mulai bisa berbincang banyak hal..
  • Selasa, 19 Juni 2018 - 22:41:42 WIB

    Alex: Pelantikan Pj Gubernur Jabar Sesuai Peraturan!

    Alex: Pelantikan Pj Gubernur Jabar Sesuai Peraturan! Para pengkritik menuding adanya kesalahan karena mengacu pada Pasal 28 ayat 3, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian. Padahal aturan tersebut berlaku untuk anggota polisi yang hendak bertugas di luar institusi P.
  • Rabu, 22 April 2015 - 20:16:32 WIB

    Pelantikan Wakapolri Digelar Tertutup

    JAKARTA, HALUAN — Komjen Budi Gunawan resmi dilantik menjadi Wakapolri mendampingi Komjen Badrodin Haiti. Pelantikan dilakukan secara tertutup di Gedung Utama Mabes Polri, Rabu (22/4).

    “Yang me.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]