Disdik Padang Pastikan Tak Ada MOS Bagi Siswa Baru


Selasa, 16 Juni 2020 - 16:47:11 WIB
Disdik Padang Pastikan Tak Ada MOS Bagi Siswa Baru Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi memastikan tidak akan diselenggarakan Masa Orientasi Siswa (MOS) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021. Hal tersebut dikarenakan Kota Padang masih terjadi penambahan kasus positif virus Corona, sehingga perkumpulan yang melibatkan orang banyak akan diminimalisir terlebih dulu.

Secara nasional, Kota Padang tetap mengikuti tahun ajaran yakni pada tanggal 13 Juli 2020 mendatang, namun untuk keputusan pelaksanaan sekolah secara daring ataupun tatap muka, nantinya akan dilihat kondisi di lapangan.

"Untuk 18 kabupaten dan kota lain kemungkinan zona hijaunya akan lebih tinggi dari Kota Padang, namun Padang ini sendiri akan terus kita pantau," kata Habibul Selasa (16/6/2020).

Namun setiap pihak sekolah sudah membentuk gugus tugas dan persiapan protap kesehatan seperti cuci tangan, memakai masker, dan penyemprotan disenfektan pagi dan sore.

"Covid-19 ini merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari, selama Kota Padang belum hijau, langkah terbaik dalam melanjutkan aktivitas sekolah yakni dengan memaksimalkan daring," tambahnya.

Dalam memaksimalkan pembelajaran daring, melalui dana BOS, dinas pendidikan akan memfasilitasi paket data yang diberikan kepada siswa ataupun orang tua kemudian teknis skemanya akan diatur. Selain itu, nantinya Kominfo akan melayani sekolah untuk mengakomodasi siswa dalam pemberian paket internet.

"Sistemnya akan dirancang, nanti hanya bisa di akses untuk tugas sekolah, penggunaan internet bagi siswa SD dan SMP serta durasi waktu penggunaannya juga akan difikirkan," kata Habibul.

Jika dilaksanakan proses pembelajaran melalui daring, nantinya guru yang mengajar juga akan diberikan bekal dalam proses PBM kepada siswanya agar lebih efektif, para majelis guru akan diberikan skill baru dalam memberikan pembelajaran secara online, "untuk guru sertifikasi mungkin sudah memahami alur PBM online, nantinya semua guru akan tetap dimodali dengan skill yang baru," kata Habibul. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]