PPDB Sistem Zonasi Tetap Berlaku di Kota Padang


Selasa, 16 Juni 2020 - 16:50:55 WIB
PPDB Sistem Zonasi Tetap Berlaku di Kota Padang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sama seperti daerah lain, pemberlakuan sistem zonasi bagi calon siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang akan tetap diberlakukan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021.

Di samping itu, juga terdapat sistem PPDB dengan jalur afirmasi yakni jalur yang digunakan dalam penerimaan calon siswa SD bagi keluarga menengah ke bawah atau keluarga kurang mampu. 

Serta disediakan jalur prestasi, di mana jalur ini tidak hanya mengharuskan sistem zonasi, tetapi boleh dari luar zonasi. "Namun jalur ini kuotanya lebih kecil dari zona zonasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi, Selasa (16/6/2020).

Sepanjang di berlakukan sistem zonasi dalam PPDB, Habibul tidak mempersoalkan jarak calon siswa dari sekolah asalkan masih dalam satu zonasi dan kreteria umur yang ditentukan, "pada penerimaan calon siswa SD walupun jarak 100 atau 500 meter dari sekolah, akan tetap didahulukan berdasarkan usia yang sudah diatur dalam peraturan pendidikan," katanya.

Jika dilaksanakan proses pembelajaran melalui daring, nantinya guru yang mengajar juga akan diberikan bekal dalam proses PBM kepada siswanya agar lebih efektif, para majelis guru akan diberikan skill baru dalam memberikan pembelajaran secara online, "untuk guru sertifikasi mungkin sudah memahami alur PBM online, nantinya semua guru akan tetap dimodali dengan skill yang baru," kata Habibul. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]