Pool Swab Test, Tidak Ditemukan Kasus Positif Baru Covid-19 di Dharmasraya


Selasa, 16 Juni 2020 - 17:18:34 WIB
Pool Swab Test, Tidak Ditemukan Kasus Positif Baru Covid-19 di Dharmasraya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Satuan Unit Gugus Tugas Penanganan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mencatatkan tidak ditemukan kasus positif baru masyarakat yang terpapar virus Corona.

"Kondisi tersebut berdasarkan hasil sementara pelaksanaan pool swab test sebagai upaya deteksi dini terhadap 1.800 orang sampel dan sudah terealisasi sebanyak 1.308 orang, yang tersebar di 52 Nagari yang ada," kata juru bicara satuan gugus tugas setempat, dr Ramadian, di Dharmasraya, Selasa(16/06).

Menurutnya, hingga saat ini sampel yang sudah selesai diperiksa sebanyak 300 orang dan masih menunggu hasil uji laboratorium sebanyak 342 sampel dan sisanya sudab diketahui hasilnya.

Ia menambahkan, sejauh ini data penanganan penyebaran virus Covid-19 di daerah itu berjumlah sebanyak 5.520 kasus notifikasi dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 25 orang dan  Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 5 orang dengan jumlah sebelumnya yang dinyatakan positif terpapar sebanyak 22 orang dan 17 orang sudah dinyatakan sembuh.
 
Terkait pelaksanaan Pool Swab Test gratis yang dilakukan pihaknya, pada hari pertama pelaksanaan mencapai 127 orang, hari kedua sebanyak 447 orang, hari ketiga berjumlah 351 orang, hari keempat sebanyak 313 orang dan hari kelima sebanyak 70 orang.

"Sejauh ini sebanyak 4 wilayah kenagarian masih dinyatakan zona hijau karena tidak ditemukan gejala penularan mirip Covid-19," ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya menilai tahapan fase pelonggaran yang diberlakukan pada terapan tatanan kenormalan baru atau New Normal, tetap bisa dilanjutkan.

"Sebelum keadaan dinyatakan normal kembali, masyarakat harus tetap terbiasa dengan penerapan standar protokol kesehatan, antara lain tetap menggunakan masker , mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin atau menggunakan hand sanitizer dan tetap jaga jarak aman," tutupnya.

Sebelumnya, sebanyak tiga orang pasien terkonfirmasi positif Covid 19 di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, dinyatakan sembuh."Ya benar hari ini tiga orang pasien positif Covid 19 dinyatakan sembuh dengan hasil Swab Test dari Laboratorium FK Unand," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya yang juga Juru Bicara Bupati, dr Rahmadian S, kepada harian haluan.com, siang ini.

Dijelaskannya, ketiga pasien tersebut dua orang dari Kecamatan Pulau Punjung yaitu pasien 13 DA (44), laki laki, pekerjaan petani dan pasien 19 DI (40) laki laki, sedangkan satu orang dari IX Koto adalah SD (15), laki laki pelajar dengan klaster Temboro pasien 22.(*)
 

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]