New Normal, dr Tulus Ingatkan Jajarannya Patuhi Protokol Kesehatan Saat Layani Pasien


Selasa, 16 Juni 2020 - 18:12:10 WIB
New Normal, dr Tulus Ingatkan Jajarannya Patuhi Protokol Kesehatan Saat Layani Pasien Kepala UPT Puskesmas Rao, dr Tulus Pujiantoro (Kaos merah) menyatakan kesiapan puskesmas itu menjalankan protokol kesehatan di era normal baru.

HARIANHALUAN.COM - Era tatanan kehidupan baru (New Normal), Kepala UPT Puskesmas Rao, dr Tulus Pujiantoro, mengingatkan seluruh tenaga medisnya di pusat layanan kesehatan masyarakat itu agar tetap menjalankan protokol kesehatan saat melayani pasien.

Sejak ditetapkannya status tanggap darurat coronavirus diseases 2019 (Covid-19) di Kabupaten Pasaman pada April lalu, pola pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum sedikit berubah dari biasanya. Tenaga medis pun dianjurkan memakai alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Untuk itu saya menghimbau, kepada seluruh tenaga medis saya, tetap patuhi protokol kesehatan, meski kita sudah memasuki era kenormalan baru. Jangan pernah lupa menggunakan APD, sebab penyebaran virus ini belum mereda," ujar Tulus, kepada Harianhaluan.com, Selasa (16/6/2020).

Bukan saja menjalankan protokol kesehatan saat menjalankan tugas di Puskesmas, dr Tulus juga menegaskan agar kebersihan diri dan kesehatan keluarga juga tetap diperhatikan.

"Tetap jaga kebersihan diri dan kesehatan keluarga juga. Kita optimalkanlah penjagaan imunitas diri agar tidak terserang Covid-19," tukasnya.

Dalam pelayanan di Puskesmas, dia menjelaskan, bahwa seluruh pasien yang datang harus terlebih dahulu mencuci tangan, menggunakan masker dan pengukuran suhu tubuh.

"Nah, untuk itu di puskesmas sudah kita jalankan protokol kesehatan. Di depan, kita siapkan wastafel cuci tangan. Kita juga akan pastikan gunakan masker dan ukur suhu tubuh. Dan di dalam, kita sudah atur tempat duduk sesuai dengan protokol kesehatan," lanjutnya.

Menurut dr Tulus, percepatan pemulihan layanan kesehatan masyarakat dengan protokol new normal bukan hanya tentang bagaimana layanan kesehatan dibuka kembali seperti sediakala, tapi secara edukasi masyarakat juga harus paham tentang pengertian new normal itu sendiri.

“Bukan hanya dipulihkan aktifitasnya, tapi protokol kesehatan juga harus disiapkan, edukasi masyarakat juga harus dilakukan, tentang apa itu new normal. Untuk itu, kami imbau pasien maupun pengunjung terkait penyebaran Covid-19 ini, kita harus saling menjaga agar pelayanan kita tetap berjalan," pungkasnya.

Dr Tulus menambahkan, bahwa di Puskesmas telah dilaksanakan tes swab terhadap 137 warga, termasuk para tenaga medis di dalamnya, walau di wilayah itu nol kasus Covid-19. Ratusan warga tersebut diambil sampel cairan hidung dan kerongkongannya untuk diteliti.

"Pool tes swab ini penting dilakukan, guna mengetahui apakah suatu daerah itu aman dari penyebaran Covid-19, meskipun selama ini Kecamatan Rao, nol kasus positif korona," sebutnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]