Pemerintah Ungkap Belum Ada Kepastian dari Arab Saudi Soal Keberangkatan Haji 2020


Selasa, 16 Juni 2020 - 20:58:26 WIB
Pemerintah Ungkap Belum Ada Kepastian dari Arab Saudi Soal Keberangkatan Haji 2020 Ribuan Jamaah Haji Lakukan Thawaf. Foto Bahauddin Raja Baso/MCH2019

HARIANHALUAN.COM – Menteri Urusan Islam Maroko, Ahmad Taoufik mengatakan, pihaknya belum bisa memutuskan keberangkatan ibadah Haji tahun 2020 karena masih menunggu hasil komunikasi resmi dengan pemerintah Arab Saudi.

"Saat ini tidak ada berita tentang haji. Kami hanya bisa mengambil keputusan bersama Saudi," kata Taoufik saat sidang di parlemen, seperti dikutip MWN, Selasa 16 Juni 2020.

Pernyataan Taoufik masih sama dengan apa yang pernah ia buat pada 28 Mei 2020. Ia menjelaskan bahwa Maroko akan menunggu keputusan resmi Arab Saudi terkait ibadah Haji tahun ini.

Sebelumnya, pada Maret 2020, Arab Saudi telah mengirim utusannya ke negara-negara Muslim untuk meminta mereka menunda finalisasi kontrak yang berkaitan akomodasi, katering, layanan transportasi, hotel atau agen perjalanan yang ada di Arab Saudi.

Baca Juga: Khawatir Gelombang Baru COVID-19, China Lockdown Beijing

Namun, setelah itu, otoritas Arab Saudi belum juga membuat pengumuman tentang haji dan tidak memberikan tanda-tanda apakah musim Haji tahun ini bisa berjalan seperti biasa meskipun pandemi COVID-19.

Di Maroko, 34.000 warga telah dipilih untuk ambil bagian dalam ibadah Haji 2020. Calon jemaah haji sudah melunasi pembayaran kepada Kementerian Urusan Islam dan agen perjalanan. Namun, ketidakpastian masih  mengelilingi rencana Haji mereka sampai otoritas Maroko membuat keputusan.

Laporan Financial Times menyebut, pemerintah Arab Saudi sedang mempertimbangkan untuk membatalkan Haji tahun ini. Hal itu lantaran kasus positif COVID-19 di negara tersebut terus meningkat hingga saat ini.

"Kasus ini sangat dipelajari dengan cermat dan sedang mempertimbangkan berbagai skenario. Keputusan resmi akan diambil dalam waktu seminggu," kata seorang pejabat di Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Jumat 12 Juni 2020. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]