Pemerintah Ungkap Belum Ada Kepastian dari Arab Saudi Soal Keberangkatan Haji 2020


Selasa, 16 Juni 2020 - 20:58:26 WIB
Pemerintah Ungkap Belum Ada Kepastian dari Arab Saudi Soal Keberangkatan Haji 2020 Ribuan Jamaah Haji Lakukan Thawaf. Foto Bahauddin Raja Baso/MCH2019

HARIANHALUAN.COM – Menteri Urusan Islam Maroko, Ahmad Taoufik mengatakan, pihaknya belum bisa memutuskan keberangkatan ibadah Haji tahun 2020 karena masih menunggu hasil komunikasi resmi dengan pemerintah Arab Saudi.

"Saat ini tidak ada berita tentang haji. Kami hanya bisa mengambil keputusan bersama Saudi," kata Taoufik saat sidang di parlemen, seperti dikutip MWN, Selasa 16 Juni 2020.

Pernyataan Taoufik masih sama dengan apa yang pernah ia buat pada 28 Mei 2020. Ia menjelaskan bahwa Maroko akan menunggu keputusan resmi Arab Saudi terkait ibadah Haji tahun ini.

Sebelumnya, pada Maret 2020, Arab Saudi telah mengirim utusannya ke negara-negara Muslim untuk meminta mereka menunda finalisasi kontrak yang berkaitan akomodasi, katering, layanan transportasi, hotel atau agen perjalanan yang ada di Arab Saudi.

Baca Juga: Khawatir Gelombang Baru COVID-19, China Lockdown Beijing

Namun, setelah itu, otoritas Arab Saudi belum juga membuat pengumuman tentang haji dan tidak memberikan tanda-tanda apakah musim Haji tahun ini bisa berjalan seperti biasa meskipun pandemi COVID-19.

Di Maroko, 34.000 warga telah dipilih untuk ambil bagian dalam ibadah Haji 2020. Calon jemaah haji sudah melunasi pembayaran kepada Kementerian Urusan Islam dan agen perjalanan. Namun, ketidakpastian masih  mengelilingi rencana Haji mereka sampai otoritas Maroko membuat keputusan.

Laporan Financial Times menyebut, pemerintah Arab Saudi sedang mempertimbangkan untuk membatalkan Haji tahun ini. Hal itu lantaran kasus positif COVID-19 di negara tersebut terus meningkat hingga saat ini.

"Kasus ini sangat dipelajari dengan cermat dan sedang mempertimbangkan berbagai skenario. Keputusan resmi akan diambil dalam waktu seminggu," kata seorang pejabat di Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Jumat 12 Juni 2020. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:45:30 WIB

    Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tidak Naik Hingga Akhir Tahun

    Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tidak Naik Hingga Akhir Tahun HARIANHALUAN.COM - Kementerian ESDM menegaskan bahwa hingga akhir tahun pemerintah sama sekali tidak mengambil keputusan untuk menaikkan tarif listrik. Tarif listrik masih tetap sama tanpa penyesuaian..
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 00:03:13 WIB

    Gerindra Dorong Pemerintah Subsidi Kuota Internet untuk Pelajar hingga Santri

    Gerindra Dorong Pemerintah Subsidi Kuota Internet untuk Pelajar hingga Santri HARIANHALUAN.COM - Partai Gerindra mendorong pemerintah untuk memberikan subsidi kuota internet kepada pelajar, santri, dan mahasiswa. Subsidi itu untuk memperlancar proses belajar daring atau online karena virus Corona (COVI.
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 20:58:39 WIB

    Pemerintah Siapkan Aturan Gowes di Jalan Raya

    Pemerintah Siapkan Aturan Gowes di Jalan Raya HARIANHALUAN.COM – Tren beraktivitas dengan menggunakan sepeda meningkat selama virus corona masih menyebar Indonesia, apalagi banyak yang beranggapan bahwa berkendara dengan menggunakan sepeda itu mura, dan cendung lebi.
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 21:50:59 WIB

    Pengamat: Jika Premium Mau dihapus, Pemerintah Harus Konsisten

    Pengamat: Jika Premium Mau dihapus, Pemerintah Harus Konsisten HARIANHALUAN.COM - Pengamat Energi dari Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menilai bahwa pemerintah tidak konsisten dalam penerapan bahan bakar minyak (BBM) yang berkualitas pada masyarakat. Hal itu ditandai dengan perub.
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 09:14:15 WIB

    Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020, Begini Sikap Pemerintah RI

    Arab Saudi Tetap Gelar Ibadah Haji 2020, Begini Sikap Pemerintah RI HARIANHALUAN.COM – Demi alasan keselamatan di tengah wabah Covid-19, Kerajaan Arab Saudi, pada Senin 22 Juni 2020, pukul 21.30 waktu setempat, memutuskan untuk menggelar ibadah haji 1441H/2020M hanya secara terbatas untuk W.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]