Kenali 6 Gejala Kanker Ovarium, Salah Satunya Sering Buang Air Kecil


Selasa, 16 Juni 2020 - 21:54:31 WIB
Kenali 6 Gejala Kanker Ovarium, Salah Satunya Sering Buang Air Kecil Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARIANHALUAN.COM - Penyakit kanker memang sulit dideteksi dan baru terlihat ketika sudah memasuki fase yang cukup kritis. Bagi para perempuan, kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup mengancam.

Bukan hanya kanker payudara, tapi juga kanker ovarium yang kerap menyerang para perempuan. Sama seperti kanker pada umumnya, gejala kanker ovarium memang sulit dideteksi.

Akan tetapi, ada tanda-tanda yang bisa diwaspadai. Melansir The Sun, ini tanda-tanda kemungkinan perempuan terkena kanker ovarium:

Perubahan kebiasaan buang air besar

Kotoran bisa menjadi sumber informasi kesehatan tubuh. Apabila terjadi perubahan kebiasaan buang air besar dari yang tadinya 1-2 kali sehari menjadi lebih 5-6 kali, itu pertanda ada sesuatu yang tidak beres.

Kembung

Tanda yang satu ini mungkin terlihat umum. Tapi kembung karena kanker ovarium biasanya terjadi secara teratur dan masuk dalam kategori kronis. Cirinya kembung tidak hilang setelah buang air atau beberapa jam setelah makan.

Memiliki dorongan buang air kencing lebih sering

Minum lebih banyak air mungkin membuat seseorang buang air kecil lebih sering. Tapi apabila sering buang air kecil sementara tidak begitu banyak minum, maka bisa menjadi indikasi serius. Tak hanya kanker ovarium, penyakit lain yang berkaitan dengan area tersebut juga bisa terjadi.

Merasa cepat kenyang saat makan

Kanker ovarium bisa membuat seseorang merasa tidak nafsu makan. Jika makan pun, hanya dengan beberapa suapan mereka sudah bisa merasa kenyang.

Nyeri di daerah perut atau pinggul

Rasa sakit yang tidak biasa bila muncul setiap hari patut dicurigai karena bisa jadi indikasi ada sesuatu yang terjadi. Nyeri yang terasa di sekitar perut dan pinggul yang tidak hilang setelah buang air biasanya menandakan seseorang terkena sindrom iritasi usus besar. Akan tetapi, bila hanya terasa nyeri tanpa ada kotoran yang terbuang, bisa jadi itu berkaitan dengan kanker ovarium.

Sakit punggung

Keinginan buang air kecil terlalu sering dan disertai dengan sakit punggung bagian bawah berkaitan dengan kanker ovarium. Untuk lebih aman, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter bila tanda-tanda itu muncul dan tidak bisa diatasi. (*)

 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


BERITA TERKINI Index »

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]