KPU Sijunjung Mulai Aktifkan PPK dan PPS


Rabu, 17 Juni 2020 - 08:26:23 WIB
KPU Sijunjung Mulai Aktifkan PPK dan PPS Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsyah didampingi Komisioner KPU saat melakukan media gathering dalam rangka sosialisasi PKPU 5 tahun 2020 dan pengaktifan pelaksanaan Pilkada 2020, Selasa (16/6) di Sekretariat KPU Sijunjung.

HARIANHALUAN.COM - Teka-teki pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 yang akan digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota terjawab sudah. 

Kepastian pilkada itu menyusul diterbitkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terbaru, yakni Nomor 15 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pilkada. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung pun melaksanakan media gathering, dalam rangka sosialisasi PKPU 5 tahun 2020 dan pengaktifan pelaksanaan Pilkada 2020, Selasa (16/6) di Sekretariat KPU Sijunjung.

Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah didampingi Komisioner KPU Sijunjung lainnya menyampaikan, regulasi pilkada terbaru tersebut sudah diterima dan secepat mungkin akan disosialisasikan, sekaligus segera mengaktifkan kembali Panitia Pemilihan Kecamatan serta Panitia Pemungutan Suara (PPK-PPS).

“PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan waki walikota sudah diterima. PKPU terbaru memang sudah ada. Tapi kami akan aktifkan dulu PPK dan PPS sebagai tahap awal, dan regulasi itu akan sosialisasikan,” katanya kepada para wartawan, Selasa (16/6) di kantor KPU Sijunjung.

Menurutnya, KPU Sijunjung tentu akan melaksanakan tahapan pilkada sesuai regulasi, yang mana salah satu pasal adalah menggunakan standar protokoler kesehatan, karena sampai saat ini status darurat pandemi Covid-19 belum dicabut. 

“Kondisi Indonesia masih berstatus Covid-19, maka dari itu seluruh tahapan pilkada akan dilaksanakan sesuai protokoler kesehatan Covid-19,” ujarnya. (*)

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]