Gunakan Antrean Online Via Mobile JKN saat Dirujuk ke RSKM Regina Eye Centre Padang


Rabu, 17 Juni 2020 - 09:37:28 WIB
Gunakan Antrean Online Via Mobile JKN saat Dirujuk ke RSKM Regina Eye Centre Padang Direktur Rumah Sakit Khusus Mata (RSKM) Regina Eye Centre Padang, dr Miss Berlyanti, MARS

HARIANHALUAN.COM - Antrean online via Mobile JKN ini menurut Direktur Rumah Sakit Khusus Mata (RSKM) Regina Eye Centre Padang, dr Miss Berlyanti, MARS sangat membantu dalam mencegah infeksi dan penyakit menular. Terutama disaat wabah pandemi Covid-19 ini, di mana diharapkan penggunaan teknologi informasi secara masif dapat membantu mencegah terjadinya angka kejadian penularan infeksi.

“Dengan penggunaan aplikasi Mobile JKN akan mengurangi waktu tunggu pasien di pendaftaran, mengurangi waktu dan intensitas interaksi karyawan dengan pasien sehingga sangat berperan dalam pencegahan infeksi di rumah sakit kami,” ujarnya, Rabu (17/6).

Miss Berlyanti juga mengatakan bahwa dengan diterapkannya antrean online via Mobile JKN ini, RSKM Regina Eye Centre Padang Padang ingin membuktikan bahwa rumah sakit tersebut mampu mengikuti tuntutan perkembangan teknologi di era industri 4.0. Di mana kemudahan dan kecepatan layanan jadi yang utama.

“Meningkatnya pengguna smartphone di kalangan masyarakat memotivasi kami untuk menyediakan sistem antrean online yang terintegrasi dengan aplikasi mobile JKN ini. Khususnya bagi pasien peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Bagi kami, ini memudahkan petugas pendaftaran RS untuk menginput data pasien,” ungkapnya.

Sementara bagi pasien, mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapat pelayanan kesehatan di RSKM Regina Eye Centre Padang Padang. Sehingga hal tersebut mampu menurunkan waktu tunggu dalam mengantre. Sistem antrean pun menjadi lebih transparan serta tersistem dengan baik. Miss Berlyanti menjelaskan mekanisme antrean online di rumah sakitnya.

“Pasien mendapatkan rujukan online dari Puskesmas atau Klinik ke RSKM Regina Eye Center Padang, lalu pasien atau keluarga pasien mendaftar antrean online melalui aplikasi Mobile JKN. Pilihlah waktu pelayanan yang sesuai dengan jadwal layanan dan jadwal dokter pada Mobile JKN. Pendaftaran dapat dilakukan 1 hari sebelum hari kontrol atau pada hari kontrol,” jelasnya.

Langkah selanjutnya, lanjut Miss Berlyanti, berkat telah terintegrasinya SIMRS Khanza RSKM Regina Eye Centre Padang dengan aplikasi Mobile JKN, maka pasien yang mendaftar melalui Mobile JKN tersebut akan otomatis terdaftar di SIMRS. Kemudian operator SIMRS akan memverifikasi data pasien dan memberi feedback berupa persetujuan dalam bentuk data reservasi pasien termasuk nomor antrean.

Miss Berlyanti mengaku persiapan untuk integrasi antara SIMRS dan aplikasi Mobile JKN tidak memakan waktu lama, lebih kurang hanya satu minggu setelah pengajuan. SDM RSKM Regina Eye Centre Padang Padang juga sudah mendapat sosialisasi dan pelatihan agar lihai mengoperasikan dan mengintegrasikan antrean online.

“Kami juga akan adakan pelatihan secara berulang dan terjadwal untuk meningkat kemahiran,” terangnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]