Penerapan Tatanan Normal Baru, SMAN 1 Padanggelugur Siapkan Ribuan APD


Rabu, 17 Juni 2020 - 18:13:29 WIB
Penerapan Tatanan Normal Baru, SMAN 1 Padanggelugur Siapkan Ribuan APD Kepala SMAN 1 Padanggelugur, Nelson, S.Pd menyerahkan masker kepada para siswa sebagai persiapan hadapi era kenormalan baru.

HARIANHALUAN.COM - Jelang tahun ajaran baru pada 13 Juli 2020, SMA Negeri 1 Padanggelugur, di Kabupaten Pasaman, mulai mempersiapkan kegiatan belajar mengajar sesuai protokol kesehatan. Upaya itu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Pola pembelajaran tahun ajaran baru 2020/2021 dibagi sesuai zona. 

Zona hijau akan menjalani pembelajaran tatap muka secara bertahap sementara zona merah, zona oranye, dan zona kuning melanjutkan Belajar dari Rumah. Kepala SMAN 1 Padanggelugur, Nelson kepada harianhaluan.com, Rabu (17/6/2020) mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan mekanisme new normal yang akan diterapkan di lingkungan sekolah, menyusul berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Intinya, di sekolah ini kita siap untuk memulai kegiatan belajar mengajar sesuai dengan protokol kesehatan dalam rangka memasuki era kenormalan baru (New Normal)," ujarnya. 

Dalam pembelajaran tatap muka di sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Untuk itu, kata Nelson, pihaknya sudah menyiapkan 2.000 an masker untuk dibagikan cuma-cuma kepada siswa dan guru. Berikutnya, menyediakan alat pengukur suhu tubuh (Thermogun). 

"Setiap guru dan siswa, wajib diukur suhu tubuhnya saat tiba di sekolah, sebelum memasuki kelas. Kita juga menyiapkan 18 tempat cuci tangan, lengkap dengan cairan antiseptiknya. Semua ini dilakukan dalam rangka mengikuti protokoler Covid-19, menyongsong tahun ajaran baru di era new normal," pungkasnya. 

Di sekolah itu, kata dia, pihaknya juga wajib membuat jarak tempat duduk siswa di kelas (Physical Distancing). Adapun jarak tempat duduk antar siswa sekitar 1,5 meter. Semua biaya penerapan protokol kesehatan di sekolah itu dibebankan kapada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). "Para siswa, guru juga karyawan sekolah, wajib menjalankan protokol kesehatan sejak tiba di sekolah, saat di kelas, hingga sampai pulang," ujarnya. 

Nelson mengimbau, seluruh civitas akademika di sekolah itu disiplin dan mematuhi seluruh ketentuan protokol kesehatan agar sekolah itu terhindar dari penyebaran virus mematikan itu. "Tetap jaga kesehatan, patuhilah aturan sekolah dan pemerintah utk menghadapi musibah Covid-19 ini. Tetap semangat belajar, semua ini bukan harga mati. Ini cuma sementara," ujarnya. (*)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]