Fakta: Banyak Pasien Meninggal Covid-19 di Surabaya dengan Komorbid


Rabu, 17 Juni 2020 - 18:21:19 WIB
Fakta: Banyak Pasien Meninggal Covid-19 di Surabaya dengan Komorbid Ilustrasi

SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya menyebut banyak pasien virus corona yang meninggal di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu disertai penyakit penyerta atau komorbid. 

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, Dinas Kesehatan Surabaya mencatat data kumulatif hingga 15 Juni 2020 jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 meninggal dunia sebanyak 328 orang.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 300 orang meninggal disertai dengan komorbid dan 28 orang murni Covid-19," kata Febria, Rabu (17/6).

Menurut dia, penyakit penyerta yang tertinggi itu diabetes mellitus (DM), hipertensi, komplikasi DM dan hipertensi serta penyakit jantung. Feny menjelaskan untuk DM tanpa komplikasi di Surabaya terdapat 57 kasus, DM dengan komplikasi ada 62 kasus. Kebanyakan mereka rata-rata telah memasuki usia lanjut.

"Sedangkan persentase pasien positif Covid-19 yang meninggal yakni laki-laki 52,13 persen dan perempuan 55 - 64 persen," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya menyarankan agar mereka harus berhati-hati, DM-nya harus terkontrol, hipertensinya harus terkontrol.

"Kalau bisa mereka isolasi di rumah sendiri tidak keluar kalau tidak penting, apalagi yang usianya sudah lansia," kata Kepala Dinas Kesehatan Surabaya ini.

 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]