Olahraga Malam Berikut Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak


Rabu, 17 Juni 2020 - 19:23:16 WIB
Olahraga Malam Berikut Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak Olaharaga malam yang bikin tidur berkualitas.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Olahraga yang tepat bisa meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Kualitas tidur yang baik merupakan salah satu faktor yang menjadikan daya tahan tubuh terjaga, apalagi di tengah wabah virus Corona.

Olahraga yang Anda pilih pun penting untuk ditentukan sejak awal. Terdapat beberapa jenis olahraga yang membuat tidur lebih nyenyak. Selain jenis olahraga, waktu pelaksanaan olahraga juga mempengaruhi kualitas tidur. 

Studi menunjukkan, jenis olahraga kardiovaskular, latihan kekuatan, dan yoga efektif meningkatkan kualitas tidur. Olahraga-olahraga menstimulasi adenosin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut empat olahraga yang membuat tidur lebih nyenyak.

1. Jogging
Berjalan santai atau jogging serta berlari dapat membuat tidur lebih nyenyak. Olahraga yang mudah dan murah ini mengaktifkan bagian-bagian tubuh.

Berjalan hingga berlari juga menurunkan tingkat stres sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

2. Bersepeda
Sleep Foundation merekomendasikan olahraga aerobik atau kardio berupa bersepeda untuk meningkatkan kualitas tidur. Bersepeda dapat membantu melawan gejala insomnia.

3. Latihan kekuatan
Latihan kekuatan adalah latihan yang membuat otot bekerja lebih keras dari biasanya. Beberapa contoh latihan kekuatan adalah pushup, situp, squat, dan plank.

Otot-otot yang bekerja lebih keras akan berelaksasi di malam hari dan membuat tidur lebih nyenyak.

4. Yoga
Yoga adalah olahraga yang mengutamakan gerakan yang meregangkan dan merilekskan tubuh. Yoga membuat tubuh lebih tenang dan bernafas lebih baik. Kondisi ini akan membuat Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Selain jenis olahraga, waktu melaksanakan olahraga juga penting untuk membuat tidur lebih nyenyak. Dikutip dari situs kesehatan Health Line, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sebaiknya melakukan olahraga 3-6 jam sebelum tidur. Pastikan pula 45 menit sebelum tidur tubuh sudah rileks.
 

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 08:36:44 WIB

    Bolehkah Olahraga saat Haid?

    Bolehkah Olahraga saat Haid? HARIANHALUAN.COM - Beberapa wanita yang sedang menstruasi kerap merasa tak nyaman karena nyeri haid, perut kembung, sampai sakit kepala. Kondisi tersebut jamak membuat aktivitas saat haid jadi terganggu. .
  • Senin, 23 Maret 2020 - 16:40:13 WIB

    Dicoba Yuk! Olahraga Ini Bisa Bikin Otot Lengan Kencang dan Berisi

    Dicoba Yuk! Olahraga Ini Bisa Bikin Otot Lengan Kencang dan Berisi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Seiring merebaknya penyebaran virus COVID-19 (coronavirus), banyak tempat umum yang ditutup untuk meminimalisir titik penyebaran virus ini lebih lanjut. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tingg.
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 11:19:02 WIB

    Peduli Olahraga, Mulyadi Ingin Sumbar Berprestasi Tingkat Nasional

    Peduli Olahraga, Mulyadi Ingin Sumbar Berprestasi Tingkat Nasional PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sumbar wajib berprestasi hebat di olahraga, baik itu dalam ajang Porwil dan ajang empat tahunan PON. Target peringkat harus dipasang tinggi-tinggi yaitu masuk dalam 10 besar nasional..
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 20:27:22 WIB

    KONI Solsel Dorong Kegiatan Keolahragaan Pelajar

    KONI Solsel Dorong Kegiatan Keolahragaan Pelajar SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solsel selalu mendorong kegiatan keolahragaan yang dilakukan oleh pelajar. Hal ini sekaitan dengan bentuk sinergi melahirkan bibit atlet olahraga di .
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 23:47:31 WIB

    Tarkam Rasa Liga 1, Mahyeldi : Mari Jadikan Olahraga Sebagai Gaya Hidup

    Tarkam Rasa Liga 1, Mahyeldi : Mari Jadikan Olahraga Sebagai Gaya Hidup PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah lebih kurang dua bulan lamanya, turnamen sepak bola akbar antar klub terbaik se-Sumbar yang bertajuk Cahaya Motor Cup 1 memperebutkan Piala Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP Dt. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]