Jelang Pilkada Dharmasraya, Percaturan Politik Mulai Memanas


Rabu, 17 Juni 2020 - 20:57:34 WIB
Jelang Pilkada Dharmasraya, Percaturan Politik Mulai Memanas Baliho Balon Kepala Daerah Kabupaten Dharmasraya ada yang sudah mulai terpajang sejak beberapa waktu lalu.ist

HARIANHALUAN.COM - Meski masih menungggu keputusan KPU RI terkait Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), tapi di berbagai daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerahnya, politik di daerah tersebut sudah mulai memanas.

Salah satu daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah adalah Kabupaten Dharmasraya, nama Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wabup Amrizal Dt.Rajo Medan yang sering disebut RJM dan dua nama lainnya Ampera Dt.Labuan Basa dan Yosrisal juga muncul ke permukaan. 

Sepertinya Pilkada Kabupaten Dharmasraya kali ini cukup sengit dan menarik apabila empat pasang calon beradu kuat, namun belum satu pasangpun calon yang sudah menyatakan dirinya maju dengan siapa pasangannya. Dari nama-nama tersebut, tidak satupun berasal dari wilayah Koto Baru sedangkan di wilayah itu punya tokoh-tokoh politik.

Sebut saja petahana Sutan Riska Tuanku Kerajaan, ada warga masyarakat yang menginginkan ia kembali maju berpasangan dengan Amrizal Dt.Rajo Medan, namun hal itu sepertinya sudah terpatahkan dengan mundurnya RJM sebagai Ketua Hanura dan menyeberang ke Partai Golkar.

Sebagai petahana, Sutan Riska Tuanku Kerajaan tinggal memilih pasangan, apakah kembali dengan RJM, atau mencari tokoh masyarakat Dharmasraya dan bisa saja ia mencari pasangannya dari Birokrat senior. Sepertinya ia lebih cenderung kepada tokoh masyarakat, apakah itu tokoh muda maupun tokoh senior dengan mempertimbangkan wilayah pemilihan. 

Sebut saja nama Teddy, anak dari tokoh Sungai Dareh, bisa juga Panji Mursidan anak pemilik Undhari yang juga wakil rakyat yang masih duduk di DPD RI, Elviana,M.Si. Untuk tokoh senior bisa jadi nama mantan Ketua Golkar dan Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya periode lalu H Masrul Maas.

Nama RJM bisa jadi maju sebagai Bacabup dari koalisi Partai Golkar dan Berkarya. Dimana pasangannya ada nama mantan anggota DPRD Dharmasraya yang juga tokoh masyarakat Koto Baru H Herman, ada juga nama H Eri Antoni yang juga putra Koto Baru saat ini Ketua KONI Dharmasraya dan juga mantan anggota DPRD dua periode. 

Kembali ada juga putra eks trans mantan anggota DPRD Dharmasraya dan DPRD Provinsi Sumbar dari PKS H Widayatmo,SE. Apabila ia bergabung, maka terjadi koalisi Partai Golkar, Berkarya dan PKS.

Nama Ampera Dt.Labuan Basa yang saat ini masih duduk di lembaga legislatif Dharmasraya itu tidak perlu ditanya lagi soal kepastian ia maju sebagai Cabub Dharmasraya.

"Tanya apa lagi keseriusan saya, baliho saya sudah terpajang lama, permanen lagi, rekomendasi dari Nasdem juga sudah, apa lagi," kata kader Partai Nasdem ini kepada Haluan.com.

Namun untuk pasangan, bisa jadi ia akan bergabung dengan nama Yosrisal dari PAN, bisa jadi nama Panji Mursidan atau H Eri Antoni dan H Herman yang saat ini menjadi kader Partai Gerindra.

Apabila nama Yosrisal tidak bergabung dengan Ampera Dt.Labuan Basa, maka Yosrisal akan mencari pasangan dengan mempertimbangkan wilayah pemilihan dan juga kekuatan secara politik. Sebut saja nama Tedy, anak tokoh masyarakat Sungai Dareh yang juga pengusaha ini bisa menjadi pertimbangan.

Begitu pula nama Panji Mursidan, secara kewilayahan memang, sebagai putra Abai Siat, Yosrisal tidak perlu diragukan lagi dalam pertarungan politik yang saat ini duduk di bangku DPRD Provinsi Sumbar, dimana Panji Mursidan anak dari tokoh masyarakat Koto Baru Elviana ini juga tidak lagi asing untuk di Kabupaten Dharmasraya, pasalnya kemegahan gedung Undhari milik orang tuanya sudah menjadi perhatian bagi masyarakat.

Dari beberapa nama Cawabup Dharmasraya tadi, ada nama putra terbaik Sitiung yaitu Prih Handoko, mantan Birokrat ini, termasuk tokoh bagi warga eks trans. Sebelum menjadi pejabat di Pemkab Dharmasraya, ia pernah menjadi guru, kepala sekolah dan diperkuat mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya.

Ada pula nama peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 lalu, yaitu anak muda kader Partai Gerindra Rosandi Sanjaya.

Kalau dilihat daerah pemilihan (Dapil), maka pasangan Sutan Riska Tuanku Kerajaan berpasangan dengan Tedy atau Prih Handoko dan bisa jadi H Masrul Maas.

Begitu pula dengan RJM, kalau pasangannya Tedy, secara politik kewilayahan tidak mungkin, tetapi dengan Panji Mursidan atau Prih Handoko dan juga Widayatmo, pasangan ini bisa menjadi perhitungan untuk memenangkan Pilkada mendatang.

Yang jelas, Pilkada Dharmasraya akan menarik apabila empat pasang calon akan beradu kekuatan.(*)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]