Hewan-hewan Langka Ini Bisa Bertahan 8 Tahun tanpa Makan


Rabu, 17 Juni 2020 - 21:01:18 WIB
Hewan-hewan Langka Ini Bisa Bertahan 8 Tahun tanpa Makan Baby dragon

HARIANHALUAN.COM - Tiga makhluk air langka yang dikenal sebagai bayi naga akan diperlihatkan di akuarium di Gua Postojna, Slovenia. Gua Postojna adalah salah satu tempat wisata terbesar di negara itu.

Hewan-hewan penghuni gua, yang secara resmi disebut proteus atau olms, memiliki kulit merah muda pusat, tanpa penglihatan, tubuh kurus panjang dan memiliki empat kaki. Mereka hanya hidup di perairan gua-gua gelap di wilayah Karst Eropa Selatan. Olms dapat bertahan hingga delapan tahun tanpa makanan. Umur mereka dapat mencapai 100 tahun.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Rabu (17/6), orang-orang lokal dulu percaya bahwa makhluk-makhluk itu adalah bayi-bayi naga yang diyakini hidup di gua-gua. Bayi naga kadang-kadang terpaksa ke tempat terbuka karena air yang tinggi. Di Gua Postojna, staf dapat mengamati bayi naga yang lahir pada 2016 ini.

Managing director gua tersebut, Marjan Batagelj mengatakan pihaknya sangat gembira ketika telur diletakkan. Namun memiliki ribuan keraguan terkait bagaiman mereka akan bertahan hidup, dengan apa tim memberi mereka makan dan bagaimana perlindungan dari infeksi.

“Ilmu pengetahuan mengatakan mereka memiliki peluang 0,5 persen untuk bertahan hidup …. Tetapi kami berhasil membesarkan 21 di antaranya,” kata Batagelj.

Sebanyak 64 telur diletakkan pada 2016. Panjang bayi hingga 14 sentimeter (lima inci) dan akan mencapai 30 sentimeter (12 inci) saat dewasa.

Sebuah laboratorium khusus telah didirikan di gua tempat bayi naga dipantau sebelum semuanya dihadirkan kepada publik.(*)

 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]