Manfaat Pil KB Ternyata Bukan Cuma untuk Cegah Kehamilan


Rabu, 17 Juni 2020 - 21:20:01 WIB
Manfaat Pil KB Ternyata Bukan Cuma untuk Cegah Kehamilan Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Bagi mereka yang menunda kehamilan, mungkin merasa cocok menggunakan pil KB. Tapi tahukah Anda jika pil KB juga memiliki efek lain untuk wajah Anda?

Tapi, bukan efek samping negatif yang terjadi, melainkan membuat kulit cantik. Kok bisa? Berikut penjelasannya. Pil KB memang dipergunakan untuk mencegah kehamilan, namun secara tidak langsung pil kontrasepsi, yang mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron, bekerja menghambat hormon alami tubuh, dan mencegah kehamilan.

Dilansir dari Huffington Post, hormon androgen (hormon seks seperti testosteron pada wanita) memicu kelenjar minyak untuk menghasilkan sebum (minyak) lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Sebum ini akan menghalangi pori-pori sehingga kotoran lebih mudah terjebak dan akhirnya menjadi jerawat.

Pada wanita yang mengonsumsi pil KB, kandungan hormon yang terdapat di dalamnya membantu menurunkan kadar androgen, sehingga produksi minyak menjadi lebih terkendali. Ini mencegah pertumbuhan jerawat sehingga membuat kulit Anda lebih bersih dari sebelumnya.

Namun, tidak semua pil KB memiliki efek yang sama pada kulit. Pil KB yang mengandung progesteron saja dan berbasis androgenik malah dapat memicu pertumbuhan jerawat.

Oleh karena itu, pil kontrasepsi yang Anda pilih untuk mencegah kehamilan sekaligus menghambat pertumbuhan jerawat adalah pil kombinasi yang mengandung progestin (progesteron buatan) antiandrogenik. Pil tersebut mengandung androgenik rendah sehingga efektif untuk mengatasi jerawat.

Dilansir dari WebMD, Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat atau FDA telah menyetujui beberapa kandungan jenis pil KB untuk membantu mengatasi jerawat.

Kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan norgestimete, kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan norethisterone dan kombinasi estrogen dan progestin yang disebut dengan drospirenon.

Beberapa uji klinis telah menunjukkan bahwa wanita yang minum pil KB kombinasi dapat mengurangi jerawat meradang dan menekan pertumbuhan jerawat sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Tapi, dibutuhkan waktu cukup lama sekira tiga sampai empat bulan sampai hasilnya terlihat. Bahkan, pada beberapa orang butuh satu tahun untuk mendapatkan manfaat penuh mengatasi jerawat dari penggunaan pil kontrasepsi tersebut.

Penggunaan pil KB juga harus konsisten, bila Anda sudah cocok dengan penggunaan satu jenis atau merek pil kontrasepsi, sebaiknya tidak perlu mencoba jenis atau merek lainnya.

Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ubahlah menu makanan dengan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, mengurangi karbohidrat, gluten, dan produk susu, untuk menurunkan kadar insulin dan hormon androgen.

Berhenti menggunakan pil KB memungkinkan jerawat akan tumbuh kembali karena kondisi kulit yang dipengaruhi oleh hormon akan kembali seperti semula. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bila Anda ingin menghentikan penggunaan pil KB.(*)

 Sumber : okezone /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]