6 Pasien Covid-19 di Sumbar Dinyatakan Sembuh, Ini Rinciannya


Rabu, 17 Juni 2020 - 21:51:36 WIB
6 Pasien Covid-19 di Sumbar Dinyatakan Sembuh, Ini Rinciannya Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak enam lokasi penanganan virus Corona atau Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) masing-masing melaporkan satu pasien sembuh, keenam lokasi tersebut yakni Dinkes Kota Padang, RSUD Rasidin Padang, RS Unand, RSUD Kepulauan Mentawai, RSUD Achmad Mochtar dan RSUP M Djamil Padang.

"Enam pasien yang dinyatakan sembuh terdiri dari pria tiga orang dan wanita juga tiga orang," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, Rabu (17/6/2020).

Pasien yang dinyatakan sembuh dari Dinas Kesehatan Kota Padang adalah Pria 23 tahun warga Cengkeh, pekerjaan pedagang. Sedangkan dari RSUD Rasidin Padang merupakan Pria 60 tahun warga Pemancungan, pekerjaan wiraswasta, keduanya terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi.

Kemudian pasien yang sembuh dari Rumah Sakit Unand adalah Wanita 54 tahun warga Tanah Sirah Piai, pekerjaan IRT, terinfeksi karena anak pulang dari Jakarta, dan pasien RSUD Kepulauan Mentawai yakni Wanita 18 tahun warga Sipora Selatan, status mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi.

Selanjutnya berasal dari RSUD Achmad Mochtar merupakan Pria 50 tahun warga Mandiangin, petugas Damkar, terinfeksi sepulang dari Pekan Baru, "serta pasien sembuh terakhir dari RSUP M Djamil Padang yakni Wanita 57 tahun warga Kayu Tanam, pekerjaan IRT, terinfeksi karena diduga terpapar dari riwayat pengobatan di rumah sakit," kata Jasman.

Hingga Rabu sore, berdasarkan update data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Sumbar melalui gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 terdapat sebanyak 465 orang sembuh atau 67,30 persen dari jumlah total kasus terkonfirmasi yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah. Jumlah ini merupakan persentase kesembuhan tertinggi di Indonesia, serta jauh diatas persentase kesembuhan nasional.

"Ini berkat semangat yang tinggi dari pasien terjangkit dan juga perjuangan yang tak kenal lelah dari tim medis dan lainnya," tambah Jasman.

Selain angka kesembuhan yang melampaui persentase nasional, Sumbar juga mencetak pemeriksaan sampel tertinggi di Indonesia. Prestasi luar biasa tersebut ditorehkan oleh Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso.

Dibawah pimpinan dan penanggungjawab dr Andani Eka Putra, laboratorium ini kembali memeriksakan sampel sebanyak 1.898 sampel dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. "1.883 sampel berasal dari Lab Fakultas Kedokteran Unand dan 15 sampel dari Baso," terang Jasman. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]