Makanan Ini Paling Banyak Dikonsumsi Masyarakat Selama Pandemi


Rabu, 17 Juni 2020 - 22:07:36 WIB
Makanan Ini Paling Banyak Dikonsumsi Masyarakat Selama Pandemi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 mendatangkan perubahan gaya hidup baru di tengah masyarakat, salah satunya kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

Baru-baru ini, Kantar mempublikasikan hasil penelitiannya di Indonesia pada Maret 2020 yang menunjukkan 90 persen responden mulai mencoba mengonsumsi menu makanan sehat, 61 persen menguji resep-resep makanan baru, dan 41 persennya mengonsumsi kudapan harian lebih banyak dari biasanya.

Direktur SEAFAST, Prof Nuri Andarwulan mengatakan pandemi Covid-19 telah mendatangkan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat guna meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang menjadi sebuah kebiasaan baru.

"Kebiasaan makan sehat sebenarnya sudah banyak diterapkan oleh masyarakat. Namun, pandemi menyadarkan masyarakat untuk mengutamakan konsumsi makanan bergizi seimbang untuk meningkatkan imunitas tubuh," kata Nuri dalam Kelas Jurnalis Nestle Indonesia, Rabu (17/6).

"Kebiasaan makan sehat baru yang coba diperkenalkan adalah mengonsumsi beragam makanan yang mengandung gizi seimbang, sesuaikan porsi makanan dengan konsep 'Isi Piringku' (karbohidrat, lemak, protein) dari Kementerian Kesehatan," lanjutnya.

Selain mengikuti konsep menu gizi seimbang, Nuri mengatakan, hal lain tak kalah penting dalam menerapkan pola hidup sehat adalah memperhatikan jumlah gula, garam, dan lemak yang masuk ke tubuh.

"Yang paling bagus adalah mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak. Lalu, rencanakan juga waktu makan dengan tepat antara makan besar dan snack. Karena selama pandemi secara psikologi orang banyak yang stres sehingga konsumsi pangan jadi tidak teratur. Untuk mengurangi stres orang jadi makan terus-menerus," ujar Nuri.(*)

 

 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 09:28:30 WIB

    5 Makanan Ini Bisa Atasi Masalah Rambut Rontok

    5 Makanan Ini Bisa Atasi Masalah Rambut Rontok HARIANHALUAN.COM - Tak hanya wanita, beberapa pria juga mengalami masalah rambut rontok. Masalah rambut rontok juga tidak bisa disepelekan. Karena jika terlalu lama bisa memicu kebotakan..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 21:06:19 WIB

    4 Makanan Ini Berbahaya Jika Tak Dimasak dengan Benar

    4 Makanan Ini Berbahaya Jika Tak Dimasak dengan Benar HARIANHALUAN.COM - Di tengah pandemi Covid-19, kita harus memakan makanan yang sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun makanan sehat pun harus dimasak dengan baik dan benar agar tak membahayakan..
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:09:26 WIB

    5 Makanan Sehat untuk Pesepeda

    5 Makanan Sehat untuk Pesepeda HARIANHALUAN.COM - Belakangan ini olahraga bersepeda tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Sebelum gowes, ketahui dulu makanan sehat untuk pesepeda sebagai bekal energi..
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:27:33 WIB

    Jangan Kalap, Makanan Ini Bikin Lemak Numpuk di Hati

    Jangan Kalap, Makanan Ini Bikin Lemak Numpuk di Hati HARIANHALUAN.COM – Organ hati memiliki fungsi penting untuk membuang racun di tubuh. Namun, hal tersebut bisa terhambat jika organ hati mengalami gangguan termasuk lemak yang menumpuk atau perlemakan hati..
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 20:48:05 WIB

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer HARIANHALUAN.COM - Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentunya Anda selalu berniat menyimpan banyak makanan agar tak keluar rumah. Nah, Anda tentu mengandalkan kulkas untuk menyimpan segala jenis makanan favorit..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]