Petani di Pariaman Masih Semangat ke Sawah Meski Harga Padi Rp6.500-6.700 per Kilogram


Rabu, 17 Juni 2020 - 23:00:25 WIB
Petani di Pariaman Masih Semangat ke Sawah Meski Harga Padi Rp6.500-6.700 per Kilogram Petani panen padi di Pariaman Utara, Kota Pariaman.

HARIANHALUAN.COM - Meski saat ini harga padi berfluktuasi, petani di Kota Pariaman tetap bergairah turun ke sawah untuk bercocok tanam padi.
  
Kepala bidang Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pariaman, Budi Hendriari, kepada harianhaluan.com, Rabu (17/6-2020) petang, mengatakan, harga padi per kilogram berkisar dari Rp6.500 hingga Rp6.700.

Dijelaskan, panen rata-rata pertahun gabah kering panen 38 ribu ton dengan indek pertanaman 2,7. Artinya, 2 kali tanam setahun yang pasti dan pada tanam ke tiga kalinya panennya berada pada awal tahun berikutnya.
   
"Petani padi sawah di kota ini tidak menjual semua hasil panennya, sebagian dicadangkan untuk ketahanan pangan keluarga. Dan petani dalam bercocok tanam padi selalu memperhitungkan pasar, karena hal itu penting," kata Kabid Budi Hendriari.
  
Benih padi Cisokan, katanya lagi, masih populer di kalangan petani, selain hasilnya bagus, pasaran gabahnya pun memuaskan. "Pemerintah kota terus mendukung sektor ini dengan melakukan peningkatan jaringan irigasi tingkat usaha tani pada delapan titik di wilayah setempat," katanya lagi.(*)

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]