Ibunda Pastikan Risa Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Jantung


Rabu, 17 Juni 2020 - 23:26:16 WIB
Ibunda Pastikan Risa Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Jantung Keluarga Risa sudah menerima kepergian almarhumah dengan lapang dada dan sama sekali tidak mempermasalahkan atas kejadian yang menimpa anaknya.

HARIANHALUAN.COM - Seorang perawat bernama Risa Afrina (25) yang bekerja di Semen Padang Hospital meninggal dunia saat menjalani tugas sebagai tenaga kesehatan (nakes) di ruangan isolasi Covid-19. Diketahui Risa meninggal dunia pada Selasa (16/6/2020) siang.

Saat di SPH, Risa ditempatkan pada lantai satu ruang isolasi untuk menemani pasien melakukan pengambilan sampel. 15 menit pasca mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) level tiga, ia mengeluhkan tidak enak badan, kemudian ia langsung dibawa ke ruangan khusus untuk beristirahat.

Namun sayang dengan beragam pertolongan dari pihak SPH, nyawa perawat yang baru bekerja pada hari pertama ini tidak bisa tertolong sehingga ia menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa siang sekitar pukul 12.40 WIB. 

Dugaan sementara dari Direktur Utama Semen Padang Hospital (SPH) Farhaan Abdullah, Risa meninggal karena serangan jantung, bukan karena terinfeksi Covid-19, karena Covid-19 tidak memberikan reaksi terlalu cepat, sementara Risa baru hari pertama menangani pasien Corona. 

Serta hasil visum luar yang dilakukan tenaga medis pun tidak ditemukan penyebab lain dari diri Risa. "Sangat kecil kemungkinan jika Risa kelelahan karena ia baru menggunakan APD level tiga sekitar satu jam, kalau dehidrasi biasanya kalau lebih dari enam jam," tambah Farhan.

Namun pernyataan tersebut dibantah oleh Ibunda Risa, Nurbaiti (57), saat ditemui Harianhaluan.com di kediamannya, ia mengatakan selama hidup, Risa tidak memiliki gejala penyakit jantung apalagi terkena serangan jantung. "Risa tidak memiliki riwayat penyakit apa-apa dan tidak pernah sekalipun dirawat di rumah sakit," katanya Rabu (17/6/2020) sore.

Nurbaiti menduga, meninggalnya Risa diakibatkan kelelahan karena memakai Alat Pelindung Diri (APD) level tiga sehingga ia mengalami kesulitan dalam bernafas. Diakui ibunda, Risa memang memiliki fisik yang tidak terlalu kuat, hanya saja perannya dalam penanganan pasien Covid-19 di Sumbar, karena ia memiliki niat yang kuat dalam membantu masyarakat terinfeksi Covid-19.

"Anak saya memiliki semangat kerja yang tinggi, awalnya saya tidak mengizinkan ia bekerja di rumah sakit apalagi dalam penanganan pasien Corona karena memiliki resiko yang tinggi, namun karena niatnya yang tinggi saya bisa apa," katanya.

Keluarga Risa sudah menerima kepergiannya dengan lapang dada dan sama sekali tidak mempermasalahkan atas kejadian ini, ia hanya mengambil hikmah dan mendoakan agar anaknya bisa tenang di alam sana.

"Ini sudah takdir, tuhan punya jalan sendiri dalam memanggil umatnya, yang pasti dia tidak memiliki riwayat jantung. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih banyak kepada SPH yang sudah membantu anak saya untuk bekerja di rumah sakit impiannya," tambah Nurbaiti. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Maret 2020 - 08:51:50 WIB

    Wah, Ibunda Vicky Prasetyo Resmi Minikah Lagi

    Wah, Ibunda Vicky Prasetyo Resmi Minikah Lagi SELEBRITAS,HARIANHALUAN.COM--Ema Fauziah membawa kabar bahagia.  Ibunda Vicky Prasetyo tersebut resmi menikah lagi. Hal itu terlihat dalam salah satu unggahan Instagram milik Vicky Prasetyo..
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 01:17:02 WIB

    Hasil Autopsi Ibunda Rizky Febian Diumumkan Jumat Siang Ini

    Hasil Autopsi Ibunda Rizky Febian Diumumkan Jumat Siang Ini BANDUNG, HARIANHALUAN.COM -- Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Polisi Saptono Erlangga mengatakan, pihak kepolisian akan mengumumkan hasil autopsi almarhumah ibu dari penyanyi Rizky Febian, Lina Jubaidah, pada Jumat (31/1). .
  • Sabtu, 31 Agustus 2019 - 10:31:48 WIB

    Ibunda SBY Wafat, Jenazah Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Siang Ini

    Ibunda SBY Wafat, Jenazah Dimakamkan di TPU Tanah Kusir Siang Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berduka. Sang ibunda, Siti Habibah, meninggal dunia pada Jumat (30/8) di RS Mitra Keluarga Cibubur. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]