Politeknik Negeri Padang Lakukan Penyesuaian Biaya UKT


Kamis, 18 Juni 2020 - 06:03:14 WIB
Politeknik Negeri Padang Lakukan Penyesuaian Biaya UKT Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

HARIANHALUAN.COM - Sektor pendidikan merupakan salah lembaga yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Dengan menanggapi kondisi itu, Politeknik Negeri Padang (PNP) melakukan penyesuaian biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa yang berkuliahan di pendidikan vokasi tersebut. Kebijakan ini untuk meringankan pembayaran biaya pendidikan.

Untuk memberikan petunjuk teknis pengajuan peninjauan biaya pendidikan/UKT, Direktur PNP, Surfa Yondri telah menerbitkan SK Nomor 814/PL9/KM/2020. SK itu memuat 6 (enam) ketentuan peninjauan biaya pendidikan/UKT.

Yakni, mahasiswa PNP yang dapat mengajukan permohonan peninjauan UKT adalah anak yatim, piatu atau yatim piatu dengan wali tidak mampu secara ekonomi, termasuk juga tergolong keluarga yang kurang mampu secara ekonomi.

Lalu, peninjauan UKR adalah pendidikan orang tua paling tinggi S1. Kemudian, gabungan penghasilan ayah dan ibu paling tinggi Rp4.000,000. Khusus orangtuanya yang bekerja sebagai PNS paling tinggi golongan II.

Terakhir, pendapatan ayah dan Ibu selama 1 (satu) bulan jika di bagi dengan jumlah anggota keluarga
maksimal Rp750.000.

Sementara persyaratan administrasi permohonan peninjauan UKT yakni, membuat Surat Permohonan kepada Direktur tentang peninjauan uang kuliah tunggal (dengan tulisan tangan). Membuat testimoni ataupun cerita kehidupan (lembaran atasnya tulis nama, no bp, program studi dan no bp).

Kemudian, membuat surat peryataan kebenaran data dan informasi. Melampirkan surat Keterangan penghasilan orangtua atau daftar gaji jika orangtuanya PNS/TNIPOLRI/BUMN/BUMD/BUMS dari Pinmpinan kantor/lnstansi masing-masing.

Setelah itu, melampirkan surat keterangan tidak mampu/penghasilan bagi pekerjaan orung tuanya selain dari PNS/TNIPOLRI/BUMN/BUMD/BUMS. Lampirkan Kartu Keluarga, Kartu Jamkesmas, Jamkesda, BPIS, (jika ada), Surat Keterungan Penerima Bantuan Raskin (jika ada), Surat Keterangan pendukung lainnya. Seperti Surnt Keterangan Masih Kuliah bagi
kakak/adik yang masih kuliah (jika ada )

Berikutnya, lampirkan foto rumah (tampak depan, samping, ruang temgah, dapur, mek).

Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui laman resmi http:/ukt.pnp.ac.id mulai dari Senin, 29 Juni sampai Sabtu, 18 Juli 2020. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]