Bahaya, Jangan Lakukan Kebiasaan Ini saat Parkir dengan Mobil Manual


Kamis, 18 Juni 2020 - 06:44:52 WIB
Bahaya, Jangan Lakukan Kebiasaan Ini saat Parkir dengan Mobil Manual Tuas persneling Toyota Kijang generasi keempat Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

HARIANHALUAN.COM - Salah kaprah dalam mengemudikan mobil manual, masih sering terjadi. Termasuk salah satunya adalah soal teknik memarkirkan kendaraan.

Beberapa ada yang masih melakukan melakukan kesalahan, seperti memasukkan tuas transmisi ke gigi satu saat parkir.

Lantas apakah efek negatifnya?

Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, mengatakan cara tersebut bisa merusak komponen sistem transmisi.

Saat parkir sebaiknya masuk gigi netral saja, karena akan terbebas hubungan antara sistem transmisi, mesin, dengan roda. Sehingga tidak saling menahan," ujar Didi.

Lebih lanjut, kata Didi, dengan tuas transmisi yang masuk gigi 1 saat sedang berhenti, maka akan ada banyak komponen yang aktif dan saling berhubungan, mulai dari roda gigi, pelat kopling, propeller shaft, dan lain-lain.

Seluruh komponen itu pun bisa menjadi cepat habis atau rusak, apabila kebiasaan parkir dengan memasukkan gigi tetap sering dilakukan.

Selain bisa merusak komponen sistem transmisi, penggunaan gigi 1 saat sedang parkir juga bisa membahayakan. Sebab, bisa saja saat pengemudi hendak menyalakan kembali mobil tersebut dan lupa menetralkan tuas transmisinya, maka akan membuat mobil menjadi terasa loncat.

Oleh karena itu, Didi pun menganjurkan agar pengemudi mobil manual menggunakan rem tangan saja saat sedang parkir. Kondisi rem tangan yang prima, seharusnya sudah lebih dari cukup menjaga mobil agar tidak bergerak.

Namun, apabila pengemudi mobil manual merasa tidak yakin dengan kemampuan rem tangannya, maka bisa memanfaatkan ganjalan pada bagian rodanya.

"Sebaiknya setelah aktifkan rem tangan, kalau tidak yakin, ban diganjal saja," jelas Didi. (*)

 Sumber : Kumparan.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]