Hati-hati, Hand Dryer Bikin Virus 'Terbang' Sampai 3 Meter


Kamis, 18 Juni 2020 - 07:22:27 WIB
Hati-hati, Hand Dryer Bikin Virus 'Terbang' Sampai 3 Meter Pengering tangan atau hand dryer. Foto: Pixabay/pexels

 

HARIANHALUAN.COM – Mencuci tangan menjadi sebuah kebiasaan yang kini rutin dijalani dalam mencegah penularan COVID-19 di era new normal. Usai mencuci tangan, banyak masyarakat yang memakai dry hand atau pengering tangan untuk menghilangkan sisa air di tangan. Amankah?.

Kebiasaan tersebut tersebut ternyata bisa memicu penularan virus termasuk SARS-CoV-2 makin masif. Pasalnya, uap yang keluar dari mesin pengering tangan dapat 'melempar' virus dari tangan ke udara. Terlebih jika cara mencuci tangannya tidak tepat sehingga membuat virus masih tersisa.

"Dengan ada dry hand, tangan basah, aerosol (percikan air) bisa menyebarkan virusnya lagi," ujar dokter spesialis kulit, dr Nenden SpKK, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Rabu 17 Juni 2020.

Uap di dry hand, kata dokter Nenden,  cenderung tinggi dan membuat ruangan tersebut berisiko dikelilingi oleh virus. Saat ada banyak orang di tempat itu, penularan bisa terjadi dengan virus yang mungkin terhirup.

"Apalagi kecepatan tinggi akan sebabkan banyak aerosolnya, (virus) bisa terbang sampai 3 meter. Belum kalau ada antrean jadi enggak bisa jaga jarak," tutur dia. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:13:32 WIB

    Hati-hati, Virus Corona Bisa Memicu Kerusakan Parah pada Otak

    Hati-hati, Virus Corona Bisa Memicu Kerusakan Parah pada Otak HARIANHALUAN.COM - Makin banyak bukti, virus corona SARS-CoV-2 tidak hanya menyerang saluran pernafasan dan paru-paru, melainkan juga organ lainnya. Virus corona bisa menyerang berat jantung, pembuluh darah, saraf, ginjal ata.
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 10:43:31 WIB

    Hati-hati, 3 Benda Rumah Jadi Sarang Tersembunyi Virus Corona

    Hati-hati, 3 Benda Rumah Jadi Sarang Tersembunyi Virus Corona HARIANHALUAN.COM - Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of internal Medicine, sebanyak 45 persen kasus virus corona atau COVID-19, mungkin tidak menunjukkan gejala. Itulah sebabnya, sangat sulit untu.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 20:48:05 WIB

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer

    Hati-hati, Jangan Simpan 3 Makanan Ini di Freezer HARIANHALUAN.COM - Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentunya Anda selalu berniat menyimpan banyak makanan agar tak keluar rumah. Nah, Anda tentu mengandalkan kulkas untuk menyimpan segala jenis makanan favorit..
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 08:09:57 WIB

    Anda Sedang Hamil? Hati-hati, Jangan-jangan Hamil Kosong

    Anda Sedang Hamil? Hati-hati, Jangan-jangan Hamil Kosong HARIANHALAN.COM - Kehamilan tak selamanya jadi kabar baik bagi pasutri baru. Ada satu kondisi kehamilan yang mungkin tak akan terduga, yakni hamil kosong..
  • Ahad, 02 Februari 2020 - 17:38:09 WIB

    Bibir Anda Pecah-pecah? Hati-hati, Bisa Jadi Anda Diabetes

    Bibir Anda Pecah-pecah? Hati-hati, Bisa Jadi Anda Diabetes JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bibir pecah-pecah biasanya jadi tanda tubuh kurang asupan cairan. Namun tak hanya dehidrasi penyebabnya. Berbagai masalah kesehatan lain bisa jadi faktor bibir pecah-pecah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]