Militer China Makin Ganas, 3 Jet Tempur Serang Taiwan


Kamis, 18 Juni 2020 - 07:33:50 WIB
Militer China Makin Ganas, 3 Jet Tempur Serang Taiwan VIVA Militer: Jet tempur China, Chengdu J-10. Foto: Russia Military Forum

HARIANHALUAN.COM – Tentara Pemebebasan Rakyat China (PLA) tak henti-hentinya menunjukkan kekuatan tempurnya kepada Taiwan. Lagi-lagi jet tempur Chengdu J-10 milik China terbang dengan ilegal di wilayah udara Taiwan.

Menurut laporan Al-Masdar News yang dikutip VIVA Militer, jet tempur Chengdu J-10 Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China kembali masuk ke wilayah Taiwan. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh pihak Kementerian Pertahanan Taiwan.

Otoritas keamanan Taiwan menyebut bahwa pesawat perang Chengdu J-10 sudah mendapat peringatan lewat radio. Akan tetapi, pilot yang mengendarai jet itu sama sekali tak menggubris.

Pada akhirnya, Angkatan Udara Taiwan (ROCAF) mengerahkan jet tempurnya, F-16 Fighting Falcon, untuk mencegat pesawat tempur China.

Peristiwa penerbangan ilegal jet tempur China ini adalah yang ketiga kalinya, hanya dalam waktu lima hari. 

Sebelumnya, Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) mengerahkan pesawat mata-mata, Shaanxi Y-8 awal pekan ini. Hanya berselang beberapa hari, jet tempur China lainnya, Sukhoi Su-30, juga tertangkap radar keliaran di langit Taiwan.

Di sisi lain, Amerika Serikat (AS) yang merupakan sekutu Taiwan, sudah mengerahkan tiga kapal induknya ke Samudera Pasifik. VIVA Militer melaporkan sebelumnya, AS berjanji akan membantu Taiwan dalam perlawanan terhadap kampanye militer China.

Meski demikian, jet-jet tempur dan pesawat intai China tetap saja masih bisa menembus Taiwan dengan mudah. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 08:51:17 WIB

    China Awasi Latihan Militer Kapal Angkatan Laut AS di LCS

    China Awasi Latihan Militer Kapal Angkatan Laut AS di LCS HARIANHALUAN.COM - Dua kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat melakukan latihan di Laut China Selatan, dalam jangkauan pandang kapal-kapal Angkatan Laut China yang sedang mengawasi. Demikian dilaporkan komandan salah satu .
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 20:02:54 WIB

    Siap Perangi Iran, Amerika Pamer Kekuatan Militer

    Siap Perangi Iran, Amerika Pamer Kekuatan Militer HARIANHALUAN.COM – Setelah sempat membuka pintu negosiasi, Iran justru mendapat ancaman serius dari Amerika Serikat. Tindakan Negeri Mullah yang terus meningkatkan program nuklirnya membuat Amerika semakin gerah. Pada akh.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 09:39:27 WIB

    Adu Kuat Peta Kekuatan Militer India dan China, Siapa Menang?

    Adu Kuat Peta Kekuatan Militer India dan China, Siapa Menang? HARIANHALUAN.COM - Sebuah penelitian terbaru dari Belfer Center Harvard Kennedy School of Government di Boston dan Center for a New American Security (CNAS) di Washington menunjukkan bahwa India mempertahankan keunggulan mili.
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 08:54:02 WIB

    Sama-sama Miliki Senjata Nuklir, tapi Bentrok Militer China-India Malah Gunakan Batu

    Sama-sama Miliki Senjata Nuklir, tapi Bentrok Militer China-India Malah Gunakan Batu HARIANHALUAN.COM - Di kawasan pegunungan Himalaya hari Selasa lalu, dua negara dengan penduduk terbesar di dunia saat ini, yakni China dan India terlibat konflik dengan tentara mereka saling menyerang menggunakan batu..
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 14:11:21 WIB

    Makin Memanas, Militer Korut Siap Ambil Tindakan terhadap Korsel

    Makin Memanas, Militer Korut Siap Ambil Tindakan terhadap Korsel HARIANHALUAN.COM - Militer Korea Utara sepenuhnya siap mengambil tindakan terhadap Korea Selatan. Hal ini menyusul keributan verbal terbaru dari Pyongyang, beberapa hari setelah saudara perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong meng.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]