Perawat SPH yang Meninggal Dunia Tenyata Negatif Covid-19


Kamis, 18 Juni 2020 - 12:16:56 WIB
Perawat SPH yang Meninggal Dunia Tenyata Negatif Covid-19 Jasman Rizal

HARIANHALUAN.COM - Perawat Semen Padang Hospital, Risa Afrina (25) yang meninggal dunia pada Selasa siang dinyatakan negatif virus Corona atau Covid-19. Hasil tersebut berdasarkan laporan swab yang dikeluarkan Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Rabu (17/6/2020).

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan jika hasil swab Risa negatif Covid-19. "Hasil swabnya negatif," kata Jasman.

Risa meninggal dunia saat menjalani tugas sebagai tenaga kesehatan (nakes) di ruangan isolasi Covid-19 pada hari pertama bekerja. Saat di SPH, Risa ditempatkan pada lantai satu ruang isolasi untuk menemani pasien melakukan pengambilan sampel. 15 menit pasca mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) level tiga, ia mengeluhkan tidak enak badan, kemudian langsung dibawa ke ruangan khusus untuk beristirahat.

Namun sayang dengan beragam pertolongan dari pihak SPH, nyawa perawat yang baru bekerja pada hari pertama ini tidak bisa tertolong sehingga menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa siang sekitar pukul 12.40 WIB. 

Selaku ibunda, Nurbaiti (57) sudah menduga bahwa anaknya meninggal dunia bukan karena terinfeksi Covid-19, melainkan karena kelelahan apalagi memakai Alat Pelindung Diri (APD) level tiga. "Ini memang sudah jalannya, saya ikhlas, ia (Risa red) mempunyai niat yang kuat untuk bekerja di SPH sedangkan fisiknya tidak terlalu mendukung," katanya.

Nurbaiti juga menjelaskan bahwa semasa hidup anaknya tidak memiliki riwayat penyakit apapun, apalagi penyakit jantung. Selain itu, sebelumnya Risa juga tidak pernah mendapat perawatan di rumah sakit.

Saat diskusi pihak keluarga dengan SPH, jenazah Risa sempat ingin dimakamkan dengan protokol Covid-19 namun keluarga tidak menyetujui. Setelah melalui perdebatan yang cukup panjang akhirnya diambil jalan tengah. Pihak rumah sakit sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, begitupun dengan pihak keluarga setelah jenazah sampai di rumah duka. Almarhumah Risa dikebumikan pada pemakaman keluarga di jalan Tunggang Selasa malam setelah waktu Isya. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]