Ada Makam di Jalan Umum, Ini Syarat Keluarga Agar Bisa Dipindah


Kamis, 18 Juni 2020 - 14:33:01 WIB
Ada Makam di Jalan Umum, Ini Syarat Keluarga Agar Bisa Dipindah Makam di Gang Pisangan Timur.

HARIANHALUAN.COM - Agenda musyawarah internal keluarga terkait relokasi makam di perlintasan jalan umum Pisangan Timur, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (18/6) siang, berlangsung alot. 

Kegiatan yang berlangsung di kediaman putri dari almarhum Mardjuki di Pisangan Lama dihadiri sekitar 12 saudara keturunan mulai dari anak kandung, cucu, hingga cicit.

Salah satu cucu almarhum, Nakib (59) sempat berbeda pendapat dengan sepupunya, Nurdjanah (65), terkait etika pemerintah saat menganggas pemindahan makam. Nakib yang mengawali pembicaraan mengaku setuju jika pemerintah merelokasi makam keluarga.

Alasannya, posisi makam saat ini sudah tidak wajar karena berada di lintasan jalan umum yang ramai dilalui warga. "Sekarang ini kan posisi makamnya sudah di jalan umum, kami keluarga setuju saja untuk dipindahkan," katanya.

Namun pernyataan itu segera disanggah oleh Nurdjanah yang tidak rela bila relokasi lahan dilatarbelakangi oleh permintaan keluarga.

"Pokoknya saya tidak rela kalau harus meminta ke pemerintah untuk memindahkan makam kakek saya. Ini makam udah ada duluan dari jalan, saya ada surat wakafnya. Ini bukan tanah pemerintah," kata Nurdjanah.

Cucu keempat almarhum Mardjuki itu merupakan sosok yang rutin merawat makam.

Menurut Nurdjanah perwakilan Suku Dinas Binamarga Jakarta Timur sempat mendatangi pihak keluarga dan meminta mereka mengajukan surat permohonan agar makam direlokasi.

"Ini persoalan etika. Itu bukan tanah milik pemerintah, kenapa harus kita yang minta dipindah. Lebih baik saya perbaiki aja makamnya, dikasih pagar di sekeliling makam. Sampai kiamat gak bakal saya pindah kalau begitu caranya," katanya.

Proses musyawarah keluarga yang berlangsung sekitar satu jam itu berujung pada kesepakatan bahwa keluarga bersedia merelokasi makam namun dengan sejumlah persyaratan.

"Pertama jangan ada surat permintaan dari keluarga, tapi surat kesepakatan bersama dengan pemerintah," kata Nakib.

Berikutnya jenazah dipindahkan menuju TPU Kemiri, Utan Kayu, Jakarta Timur yang menjadi area pemakaman keluarga. Nakib juga meminta agar keluarga dibebaskan dari sewa pemakaman di TPU Kemiri serta menghadirkan seluruh keturunan almarhum Mardjuki saat pemindahan janazah. (*)

 Sumber : merdeka.com /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 22:08:52 WIB

    Ternyata, Ada 22 WNI di Atas Dua Kapal China yang Ditangkap di Batam

    Ternyata, Ada 22 WNI di Atas Dua Kapal China yang Ditangkap di Batam HARIANHALUAN.COM - Tertangkapnya dua kapal ikan berbendera China, Lu Huang Yuan Yu bernomor 118 dan 117 oleh KRI Bubara 868 di perairan Batu Cula, Selat Philip, Belakang Padang, Batam, Rabu (8/7/2020) berawal dari pengejaran .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 09:10:19 WIB

    Bioskop di Seluruh Indonesia Serentak Dibuka pada 29 Juli

    Bioskop di Seluruh Indonesia Serentak Dibuka pada 29 Juli HARIANHALUAN.COM – DPP Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) sepakat untuk kembali melakukan kegiatan operasional bioskop terhitung mulai Rabu, 29 Juli 2020 secara serentak di seluruh Indonesia..
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 06:12:38 WIB

    Mohon Bersabar, Seleksi CPNS Kemungkinan Baru Diibuka Kembali pada 2021

    Mohon Bersabar, Seleksi CPNS Kemungkinan Baru Diibuka Kembali pada 2021 HARIANHALUAN.COM - Bagi Anda yang tengah menanti informasi tentang seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), sepertinya harus bersabar. Pasalnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 10:55:30 WIB

    Tak Ada Rekrutmen CPNS 2020-2021, Ini Penjelasan BKN

    Tak Ada Rekrutmen CPNS 2020-2021, Ini Penjelasan BKN HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, hingga saat ini belum ada kebijakan untuk membuka rekruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2020 maupun 2021. .
  • Selasa, 07 Juli 2020 - 07:51:07 WIB

    Politisi PAN Minta KPU Gencarkan Sosialisasi Pilkada 

    Politisi PAN Minta KPU Gencarkan Sosialisasi Pilkada  HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Guspardi Gaus berharap situasi pandemi COVID-19 tak mengurangi partisipasi masyarakat pada ajang pemilihan kepala daerah yang dijadwalkan berlangsung 9 Des.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]