Ingin Penghasilan Walinagari Naik, Faldo: Jangan Kalah Sama Manager Bank Swasta


Kamis, 18 Juni 2020 - 14:58:43 WIB
Ingin Penghasilan Walinagari Naik, Faldo: Jangan Kalah Sama Manager Bank Swasta Faldo Maldini

HARIANHALUAN.COM - Faldo Maldini, tokoh muda Sumatera Barat yang disebut-sebut akan ikut dalam panggung Pemilihan Gubernur 2020, mengatakan pentingnya walinagari dalam proses pembangunan. Setelah berdialog dengan ratusan walinagari, Faldo ingin walinagari memiliki banyak tanggung jawab yang sangat berat.

"Walinagari paling depan. Ada masyarakat sakit, Beliau tempat mengadu. Ada nikahan, juga bicara pada beliau-beliau. Sunatan, lapor juga sama mereka. Saat covid ini, soal bantuan dan program pemerintah, Walingari juga yang pertama menghadapi. Berat tugasnya," kata Faldo, Kamis (18/6).

Mantan Juru Bicara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini mengatakan walinagari sebagai motor pembangunan utama. Keberhasilan pembangunan Sumbar ditentukan oleh peran Walinagari.

"Tugasnya berat sekali dalam pembangunan. Belum lagi, kita bicara dana nagari yang harus dikelola. Walinagari adalah motor pembangunan kita. Kalau walinagari gagal menjalankan pembangunan, gagal juga pembangunan di Sumatera Barat. Kalau berhasil memberikan pelayanan optimal, berhasil kita semua. Lebih banyak walinagari daripada lurah di Sumbar," tambahnya.

Faldo mengatakan perlu kenaikan penghasilan bagi walinagari. Beban kerja Walinagari seharusnya dapat disesuaikan dengan penghasilan yang diterima.

"Menurut saya, harus dinaikan penghasilan walinagari. Sesuaikan dengan beban dan kinerjanya. Tidak boleh kalah penghasilan walinagari dengan manager atau kepala cabang bank swasta.

Bekerjanya bisa 24 jam, apalagi dalam situasi Covid-19 ini. Mereka sampai pakai uang sendiri buat bantu warga yang butuh, tidak terdaftar penerima bantuan. Naik penghasilan itu tidak akan buat beliau-beliau kaya-raya. Paling tidak, beban mereka menggerakan pembangunan bisa jauh berkurang," tutup Faldo. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]