Bos PT Dempo, Pemberi Suap Muzni Zakaria Divonis 2,5 Tahun Penjara


Kamis, 18 Juni 2020 - 16:48:59 WIB
Bos PT Dempo, Pemberi Suap Muzni Zakaria Divonis 2,5 Tahun Penjara Proses sidang putusan kasus pemberian suap oleh bos PT. Dempo kepada Bupati non aktif Solok Selatan, Muzni Zakaria.

HARIANHALUAN.COM - Terbukti bersalah, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) vonis bos PT. Dempo, Muhammad Yamin Kahar dengan hukuman pidana selama dua tahun enam bulan kurungan penjara, Kamis (18/6/2020).

Pada sidang agenda putusan itu, terdakwa selalu pengusaha, terbukti bersalah telah memberi sejumlah terhadap Bupati Solok Selatan non aktif Muzni Zakaria dalam proyek pembangunan Masjid Agung Solok Selatan dan pembangunan Jembatan Ambayan.

"Kemudian terdakwa juga diwajibkan membayar denda Rp200 juta dan subsider empat bulan penjara," ujar Ketua Hakim, Yose Rizal didampingi Zaleka dan M. Takdir, saat membacakan amar putusan di PN Klas 1 A Padang.

Hal yang memberatkan, kata Yose Rizal, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas korupsi. Terdakwa bersalah melanggar pasal 5 ayat 1 huruf b, Undang -Undang RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak korupsi. 

Menanggapi putusan itu, kedua belah pihak antara Penasehat Hukum (PH), Halius Hosen dan Wilson Saputra bersama dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan fikir-fikir.

Diketahui, pada sidang agenda tuntutan sebelumnya, terdakwa dituntut selama tiga tahun, denda Rp200 juta dan subsider enam bulan penjara, oleh JPU Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (11/6/2020) lalu.

Tuntutan itu atas perbuatan terdakwa yang diduga telah melakukan memberi suap kepada Bupati non aktif Solok Selatan, Muzni Zakaria sebesar lebih kurang Rp 475 juta dalam rangka pembangunan masjid agung dan pembangunan jembatan ambayan, pada tahun 2018, 

Sementara Muzni Zakaria sebagai penerima suap (berkas terpisah) yang saat ini juga tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Padang.


 

Reporter : Buliza Rahmat /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 18:00:44 WIB

    WRS NewGen Terobosan Baru Pendektesian Dini Gempa dan Tsunami di Sumbar

    WRS NewGen Terobosan Baru Pendektesian Dini Gempa dan Tsunami di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 14 daerah di Sumatra Barat akan dipasangkan Warning Receiver System (WRS) di berbagai wilayah rawan gempa dan tsunami. WRS yang akan dipasang merupakan jenis WRS NewGen yang merupakan jenis alat te.
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 17:36:49 WIB

    Luncurkan Program WIB-WITA-WIT, BEI Lakukan Terobosan Digital

    Luncurkan Program WIB-WITA-WIT, BEI Lakukan Terobosan Digital HARIANHALUAN.COM - Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan terobosan digital di tahun 2020 dengan meluncurkan program WIB-WITA-WIT: Waktu Indonesia Berinvestasi. Bersinergi dengan perusahaan tercatat, BEI tidak hanya memanfaatka.
  • Sabtu, 11 April 2020 - 22:32:30 WIB

    Esok Lusa, Bos Dempo Menjalani Sidang Perdana

    Esok Lusa, Bos Dempo Menjalani Sidang Perdana PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kasus dugaan suap yang menjerat MYK kepada Bupati Solok Selatan non aktif MZ, segera sidangkan. Pasalnya Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Padang, tela.
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 01:13:23 WIB

    Bos Kafe Esek-esek Jadi Tersangka

    PASAMAN, HALUAN — Butet Mainun (50), Bos Kafe Rimbo Aro, Lubuk Sikaping yang diduga sebagai kafe esek-esek, resmi menyandang status tersangka. Ia dijerat atas kasus mempekerjakan anak dibawah umur. Kasus ini mencuat pada pe.
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 14:27:33 WIB

    BOSC Chapter Sawahlunto Bagi-bagi Takjil

    BOSC Chapter Sawahlunto Bagi-bagi Takjil SAWAHLUNTO, HALUAN- Komunitas Brigade Otomotif Sport Club (BOSC) Chapter Sawahlunto mengadakan bagi-bagi takjil untuk pengendara kendaraan yang melintas di perempatan Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (23/6)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]