Waduh, Ternyata Chloroquine yang Diborong Presiden Jokowi Dilarang di Amerika


Kamis, 18 Juni 2020 - 20:05:54 WIB
Waduh, Ternyata Chloroquine yang Diborong Presiden Jokowi Dilarang di Amerika ilustrasi Chloroquine

HARIANHALUAN.COM - Di Indonesia, chloroquine menjadi salah satu obat yang diklaim ampuh menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona, walau sebenarnya belum teruji secara klinis. Presiden Joko Widodo sempat memborong chloroquine untuk menangani pasien corona. Tak tanggung-tanggung, Jokowi membeli 3 juta butir chloroquine, sedangkan avigan 2 juta butir.

Salah satu pertimbangan Jokowi memborong obat tersebut ialah karena chloroquine dianggap ampuh menyembuhkan pasien Covid-19 di beberapa negara. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto sempat meminta warga agar tak sembarangan mengonsumsi chloroquine. Yurianto menyebut chloroquine termasuk jenis obat keras.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghentikan sementara uji klinis hydroxychloroquine sebagai pengobatan pasien virus Corona. Keputusan tersebut diambil setelah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet menunjukkan bahwa obat tersebut justru dapat meningkatkan risiko kematian pasien Covid-19.

Tim Peneliti University of Oxford di Inggris menyebut hydroxychloroquine tak bermanfaat untuk pasien Covid-19. Penggunaan obat chloroquine atau hydroxychloroquine tak disarankan oleh sejumlah pihak. Pemerintah Prancis telah melarang penggunaan hydroxychloroquine untuk mengobati pasien Corona mulai Rabu, 27 Mei lalu.

Amerika Serikat juga telah melarang penggunaan hydroxychloroquine dan chloroquine untuk mengobati pasien Covid-19. Dilansir laman CNN, muncul sejumlah laporan bahwa dalam uji klinis skala massal ada kasus gagal jantung dan dampak kesehatan serius lainnya setelah mengonsumsi hydroxychloroquine dan chloroquine. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]