Jelang Pilkada 2020, KPU Padang Pariaman Gelar Bimtek Virtual


Kamis, 18 Juni 2020 - 22:08:01 WIB
Jelang Pilkada 2020, KPU Padang Pariaman Gelar Bimtek Virtual Bimtek virtual yang digelar KPU Padang Pariaman.

HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman bimbingan teknis secara virtual kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Padang Pariaman. Bimtek tata kerja PPS ini dilaksanakan dalam rangkan pelaksanakan tugas fungsi dan wewenang dan kewajiban PPS.

"Dengan adanya bimtek ini diharapkan masing-masing PPS mampu melaksanakan tugas, wewenang fungsinya dan kewajiban sebagai peyelengara pemilu khususnya ditingkat nagari," kata Anggota KPU divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Erik Eksrada Padang Pariaman, Kamis (18/6/2020).

Tidak hanya itu, PPS juga harus memahami dan mengamalkan kode etik sumpah janji dan fakta integritas sebagai penyelengara Pemilu, serta paham terhadap asas-asas penyelengara Pemilu dalam melaksanakan tugas. Dalam situasi masa Pandemi Covid-19 ini, PPS harus mampu menyesuaikan diri dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta senantiasa menerapkan protokoler Covid-19.

"Salam kompak selalu dan jaga kesehatan dan kita optimis pelaksanakan Pilkada di Padang Pariaman bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya," kata Erik.

Sementata itu, Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaidi mengatakan sebagai penyelenggara Pemilu membangun tim yang tangguh menjadi keharusan. "Karena amanah Pilkada adalah tugas bangsa dan rakyat yang mesti ditunaikan dengan segala daya yang ada," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Zulnaidi. Kondisi Pandemi tidak menghalangi KPU Padang Pariaman melakukan pembinaan dan penguatan lembaga adhoc, melalui metode daring. "Sebanyak 103 Satker PPS ditambah PPK hari ini diberikan bimbingan teknis dari masing-masing wilayah kecamatan," katanya.

Zulnaidi juga mengungkapkan agar penyelenggara membangun spirit bagai satu keluarga yang kompak, menjaga integritas dan tunaikan tugas dengan baik dengan mengindahkan Protokol Kesehatan Covid-19. Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa memilih adalah hak mereka untuk menentukan siapa yang jadi kepala daerah yakni yang berasal dari tokoh dengan karakter jujur amanah dan mensejahterakan warganya. (*)

Reporter : Yuhendra /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]