Raksasa e-Dagang Dunia Bantu UMKM Indonesia Buka Akses Global Saat Pandemi


Jumat, 19 Juni 2020 - 06:10:52 WIB
Raksasa e-Dagang Dunia Bantu UMKM Indonesia Buka Akses Global Saat Pandemi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Raksasa e-dagang Alibaba Group membantu kalangan industri dan usaha kecil dan menengah membuka akses global agar bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19 melalui sistem digital.

"Melalui inisiatif ini, kami akan mendukung IKM dan UKM Indonesia di tiga bidang, yakni proses on-boarding yang lebih cepat di platform Alibaba.com agar bisa menjangkau secara global, upaya mempercepat pertumbuhan bisnis, dan berbagai upaya untuk meningkatkan kapabilitas perdagangan online para pelaku usaha," kata General Manager Alibaba.com Zhang Kuo dalam keterangan tertulisnya kepada ANTARA, Kamis (18/6) malam.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi digital dan ketidakpastian bisnis yang terjadi saat ini telah membawa perubahan mendasar dalam bisnis dan perdagangan global.

"Namun, walau ada banyak peluang dan desakan untuk 'go online' dan 'go global' masih banyak pelaku IKM dan UKM yang mengalami kesulitan dalam memanfaatkan pasar global dan transformasi besar yang saat ini sedang terjadi," ujar Zhang menambahkan.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Alibaba.com siap membantu IKM dan UKM di Indonesia mencapai pertumbuhan yang sehat dan kuat dengan menjual produk mereka di pasar global melalui kolaborasi dengan tiga mitranya di Indonesia, yakni Andalin, ATT Group, dan Sinergi Sukses Digitalindo (SSD).

Untuk membangkitkan rasa percaya diri pelaku bisnis saat berpartisipasi dalam perdagangan global, Alibaba.com akan meghadirkan Smart Marketing Solution, sebuah perangkat yang tersedia bagi para pemasok barang dari Indonesia.

Para supplier Indonesia itu juga akan mendapatkan pelatihan daring untuk memperkuat kinerja mereka di Alibaba.com.

Dua webinar khusus untuk IKM dan UKM digelar Alibaba bersama Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) pada 18 Juni dan Kementerian Perdagangan pada 25 Juni terkait perdagangan pada era normal baru agar lebih efisien.

Sesi pelatihan lainnya akan mencakup topik mulai dari dasar-dasar dalam bisnis daring hingga perilaku pembeli daring, negosiasi bisnis, dukungan pelanggan, dan pemasaran.(*)

 Sumber : Antara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 17:47:25 WIB

    Luar Biasa, Dua Tambang Raksasa Milik Asing Kembali ke Pelukan RI

    Luar Biasa, Dua Tambang Raksasa Milik Asing Kembali ke Pelukan RI HARIANHALUAN.COM - Pemerintah telah berhasil mengambil 20% saham tambang nikel raksasa Brazil, PT Vale Indonesia Tbk (INCO) melalui holding BUMN Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Setelah sebelumnya berhasil me.
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 20:00:47 WIB

    Grab Dapat Suntikan Modal Rp10 T dari Bank Raksasa Jepang

    Grab Dapat Suntikan Modal Rp10 T dari Bank Raksasa Jepang BOGOR, HARIANHALUAN.COM - Grab akan menerima investasi US$726 juta (sekitar Rp10 triliun) dari Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) Jepang, dilansir dari KrAsia, Kamis (20/2/2020)..
  • Senin, 20 Januari 2020 - 16:46:34 WIB

    Pendiri Ritel Raksasa dari Negeri K-Pop Tutup Usia, Ini Gurita Bisnisnya

    Pendiri Ritel Raksasa dari Negeri K-Pop Tutup Usia, Ini Gurita Bisnisnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pendiri ritel raksasa asal Korea Selatan (Korsel) Lotte Group, Shin Kyuk-ho, tutup usia. Namanya sangat tenar di kalangan dunia usaha. Dirinya merupakan salah satu konglomerat terbesar dan terkenal.
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 15:19:59 WIB

    Resesi Melanda..? Produsen Susu Raksasa AS Bangkrut

    Resesi Melanda..? Produsen Susu Raksasa AS Bangkrut JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Borden Dairy Co, produsen susu raksasa dan salah satu yang tertua di Amerika Serikat (AS), menyatakan bangkrut. Perusahaan juga mengajukan pailit seiring dengan ketidakmampuannya membayar utang dan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]