Manusia akan Mati Jika Semua Virus di Bumi Hilang


Jumat, 19 Juni 2020 - 08:15:17 WIB
Manusia akan Mati Jika Semua Virus di Bumi Hilang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM – Banyak virus yang menyebabkan jutaan manusia meninggal karena infeksi. Sebut saja epidemi influenza 1918, Black Death atau lainnya. Teranyar, pandemi covid-19 yang disebabkan virus corona jenis baru.

Namun bagaimana jika kita diberi pilihan untuk menghilangkan semua virus?

"Jika semua virus tiba-tiba menghilang, dunia akan menjadi tempat yang indah selama sekitar satu setengah hari, dan kemudian kita semua akan mati - itulah intinya," kata ahli epidemiologi di University of Wisconsin-Madison, Tony Goldberg seperti dikutip BBC, kamis (18/6).

Dia memambahkan, hal tersebut akan terjadi karena selama ini virus melakukan banyak hal. Utamanya, berjasa bagi banyak hal penting. Dia mengatakan kebanyakan orang hanya melihat hal negatif dari adanya virus tersebut.

Padahal, berdasarkan penelitian, virus nyatanya membuat manusia bisa bertahan hidup di Bumi. "Ini adalah pandangan yang adil dan seimbang tentang dunia virus, dan untuk menunjukkannya, ada hal-hal lain, seperti jasa dari virus baik," kata Goldberg.

Dia menegaskan, fag atau virus yang menginfeksi bakteri sangat penting bagi kehidupan. Sebab, fag yang diambil dari bahasa Yunani phagein, dan diartikan sebagai "melahap", mampu memakan banyak bakteri dan segala yang tidak baik bagi manusia.

"Mereka adalah predator utama dunia bakteri, Kita akan berada dalam masalah besar tanpa mereka,” kata Goldberg.

Dia melanjutkan, 90 persen dari semua bahan hidup, berdasarkan berat, adalah mikroba. Mikroba menghasilkan sekitar setengah oksigen di planet ini, dan itu adalah suatu proses yang hanya bisa dilakukan oleh virus.(*)

loading...
 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 September 2020 - 07:10:44 WIB

    Ada Kalkulator untuk Hitung Umur Manusia, Percaya?

    Ada Kalkulator untuk Hitung Umur Manusia, Percaya? HARIANHALUAN.COM - Apa pendapat kalian tentang kalkulator yang bisa memprediksi berapa lama lagi kita hidup? Terdengar mengada-ada seperti film fiksi ilmiah ya. Tapi kalkulator semacam ini sungguhan ada. Sekelompok ilmuwan da.
  • Rabu, 02 September 2020 - 23:32:21 WIB

    Dinamika Cuaca Antariksa Bisa Berdampak pada Kehidupan Manusia dan Bumi?

    Dinamika Cuaca Antariksa Bisa Berdampak pada Kehidupan Manusia dan Bumi? HARIANHALUAN.COM - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) terus memantau dinamikan cuaca antariksa, karena mewaspadai adanya kemungkinan berdampak pada Bumi dan peradaban manusia. Karena dinamika cuaca antariksa y.
  • Sabtu, 15 Agustus 2020 - 08:21:48 WIB

    Jika Bumi Berakhir, Ilmuwan Ini Sebut Ada Cara untuk Selamat bagi Manusia

    Jika Bumi Berakhir, Ilmuwan Ini Sebut Ada Cara untuk Selamat bagi Manusia HARIANHALUAN.COM - Dari sisi penelitian sains, planet Bumi ini tidak akan bertahan selamanya karena beberapa faktor. Walau masih sangat jauh prediksi riwayat Bumi berakhir, beberapa ilmuwan sudah gatal membahasnya. Salah satu.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 07:51:11 WIB

    Jamur Ini Disebut juga Bisa Ubah Manusia jadi Zombie

    Jamur Ini Disebut juga Bisa Ubah Manusia jadi Zombie HARIANHALUAN.COM - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan soal jamur parasit Massospora yang menginfeksi populasi jangkrik. Jamur parasit dengan julukan 'Zombie cicadas' ini disebut mampu mengendalikan pikiran .
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 22:24:47 WIB

    Super Earth Baru Ditemukan, Bisa Jadi Opsi Tempat Tinggal Manusia

    Super Earth Baru Ditemukan, Bisa Jadi Opsi Tempat Tinggal Manusia HARIANHALUAN.COM - Baru-baru ini ilmuwan memberi kejutan dengan penemuan dua Super Earth baru yang berada tidak jauh dari Bumi. Diduga, Super Earth ini bisa menjadi tempat tinggal manusia. Pada dasarnya, dalam dunia astronomi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]