Pandemi Covid-19, PAD Pantai Air Manis Padang Hilang Rp100 Juta


Jumat, 19 Juni 2020 - 09:12:04 WIB
Pandemi Covid-19, PAD Pantai Air Manis Padang Hilang Rp100 Juta Foto: Milna

HARIANHALUAN.COM - Selama pandemi virus Corona atau Covid-19, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang mencatat kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari objek wisata Pantai Air Manis (PAM) mencapai sekitar Rp100 juta.

"Biasanya setiap libur Lebaran pengunjung Pantai Air Manis selalu ramai. Puluhan juta PAD dapat diraup setiap harinya," sebut Kepala Disparbud Kota Padang, Arfian, kemarin.

Menurut Arfian, sektor pariwisata adalah penyumbang terbesar penerimaan daerah, sehingga diharapkan di masa tatanan kehidupan baru dapat kembali menggeliat. Sebab selain kehilangan pendapatan, ribuan pekerja di sektor pariwisata pun menjadi korban yang dirumahkan dan mengalami PHK.

"Kami berharap di masa tatanan kehidupan baru sektor pariwisata kembali hidup. Untuk itu sejumlah persiapan terkait protokol kesehatan Covid-19 telah kita lakukan," ungkap Arfian.

Selain kehilangan pemasukan dari retribusi objek wisata, kata Arfian, hal serupa juga terjadi pada perhotelan dan restoran. Khusus kehilangan pendapatan dari seluruh sektor pariwisata mencapai sekitar Rp174 miliar.

Arfian mengungkapkan, sejak Maret hingga akhir Mei 2020 sudah tidak ada lagi geliat pariwisata di daerah ini. Selama hampir 3 bulan hampir seluruh sektor pariwisata ditutup, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang pendapatan terbesar di Padang terutama di bidang jasa perhotelan dan restoran," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]