Perumda Air Minum Padang Pastikan Tak Ada 'Titipan' dalam Penerimaan Pegawai Baru


Jumat, 19 Juni 2020 - 09:27:36 WIB
Perumda Air Minum Padang Pastikan Tak Ada 'Titipan' dalam Penerimaan Pegawai Baru Ist

HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang menegaskan, pihaknya tidak menerima titipan dari siapa pun dalam penerimaan pegawai yang baru saja dilaksanakan. Pasalnya, penerimaan tersebut langsung melibatkan pihak ke 3 melalui sistem online.

Direktur Utama Perumda Air Minuma Kota Padang, Hendra Pebrizal mengatakan, jajaran direksi sudah melalukan proses rekruitment sesuai Peraturan Walikota Padang tentang PDAM. Kemudian, juga disesuaikan dengan peraturan Direksi sebagai penguatan.

"Dimana mengangkat dan menjatuhkan hukuman disiplin, serta menaikan jabatan merupakan kewenangan dari Direksi itu sendiri," ujar Hendra Pebrizal, kemarin.

"Alhamdulillah, kami jajaran Direksi berterimakasih sekali mungkin ini sebagai kritikan, masukan dan sebagai evaluasi untuk menjadi lebih baik, profesional terutama dalam hal penerimaan pegawai," kata Hendra Pebrizal.

Hendra Pebrizal menjelaskan, ketika melakukan penerimaan selama 3 bulan semenjak November 2019 lalu, ini merupakan kali pertama dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Kemudian, penyeleksian juga melibatkan pihak ke tiga yaitu CV. Dennis Konsultan dan Training. Itupun berasal dari Pekanbaru, pungkas Hendra Pebrizal lagi.

"Saking transparanya, pihak PDAM juga sudah mengumumkan 10 kali terbit di dua koran harian yang ada di Sumbar ini," ucap Hendra Pebrizal.

Lebih lanjut, kata Hendra Pebrizal, dari 30 orang yang dibutuhkan dengan minat pelamar lebih dari 2.000 orang dengan sistem gugur. Maka, tahap awal diterima sebanyak 18 orang. Kemudian, semua pelamar tak kenal satupun darimana asalnya, siapa orangnya dan orang tuanya siapa.

"Artinya, proses seleksinya sangat ketat, seperti seleksi administrasi secara online, tes kesehatan dan tes wawancara dengan melibatkan direksi juga user," tegas Hendra Pebrizal.

Terakhir, Hendea Pebrizal menegaskan, tidak ada penerimaan pegawai dengan cara sembunyi, tidak transparan atau bahkan titipan. Ini prosesnya murni dan sangat transparan sekali.

"Bagi yang dinyatakan lolos dan diterima sebagai calon pegawai, mereka di training selama 6- 12 bulan dan mengikuti diklat selama dua minggu di secata Padang Panjang, sebagai ketahan fisik dan membentuk mental," pungkasnya. (*)

Reporter : Milna Miana / Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]