Fenomena Bulan Penuh 21 Juni Mendatang, Waspada Ombak Besar dan Banjir Rob


Jumat, 19 Juni 2020 - 11:43:57 WIB
Fenomena Bulan Penuh 21 Juni Mendatang, Waspada Ombak Besar dan Banjir Rob Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan informasi mengenai kalender astronomi tentang terjadinya fenomena bulan penuh pada Minggu (21/6/2020) mendatang.

Informasi tersebut diperoleh berdasarkan pasang dari dishidros bernilai 1,3 sampai 1,4 meter pada tanggal 20 hingga 22 Juni pukul 06.00 sampai 09.00 WIB. Sehubungan dengan itu akan terjadi gelombang laut kategori sedang di pesisir pantai Sumbar maksimum 1,5 meter.

"Kondisi angin di pesisir pantai relatif normal dua hingga 10 knots," kata Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur, Budi Iman Samiaji, Jumat (19/6/2020).

Atas kejadian bulan penuh tersebut, warga diminta agar lebih waspada dengan adanya potensi hempasan gelombang laut atau ombak ke daratan yang dapat menimbulkan abrasi, serta potensi terjadinya banjir rob.

Bagi masyarakat yang beraktifitas di pinggir pantai agar lebih berhati-hati dan masyarakat dilarang untuk berenang di pinggir pantai. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 15:12:56 WIB

    BMKG: Waspada Fenomena Angin Kencang di Sumatra Barat

    BMKG: Waspada Fenomena Angin Kencang di Sumatra Barat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sejak Kamis (20/2), BMKG Stasiun Meterologi Minangkabau mengamati telah terjadi fenomena angin kencang di wilayah Sumatera Barat, terutama di bagian barat Bukit Barisan. Berdasarkan data, kecepatan.
  • Ahad, 20 Oktober 2019 - 20:03:51 WIB

    Hiu Tutul Terdampar di Pessel Akibat Fenomena Alam 2 Musim

    Hiu Tutul Terdampar di Pessel Akibat Fenomena Alam 2 Musim PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Peristiwa terdamparnya Hiu Tutul bernama latin di perairan laut Pesisir Selatan membuat warga setempat bertanya-tanya dan bingung. Pasalnya, peristiwa itu sudah sering terjadi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]