Bawaslu Pasaman Resmikan Pojok Pengawasan dan PPID


Jumat, 19 Juni 2020 - 15:41:36 WIB
Bawaslu Pasaman Resmikan Pojok Pengawasan dan PPID Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sumbar, Elly Yanti gunting pita tandai peresmian Pojok Pengawasan dan PPID di Bawaslu Pasaman.

HARIANHALUAN.COM - Wujudkan keterbukaan informasi publik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman resmikan pojok pengawasan dan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), Jumat (19/6) sore.

Turut hadir, Komisioner Bawaslu Sumbar, Elly Yanti, Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, Kepala Sekretariat Refki Mukhliza, Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Mesrawati, Kordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Kristian serta jajaran Panwascam.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juita mengatakan, peresmian Pojok Pengawasan dan PPID Bawaslu setempat bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dan stakholders  dalam memperoleh informasi dan data seputar aktifitas pengawasan pemilu.

"Pojok pengawasan juga sebagai sarana pusat komunikasi dan konsultasi pengawasan partisipatif di Kabupaten Pasaman," katanya.

Pembentukan pojok pengawasan dan PPID, kata dia, merupakan bentuk realisasi dari intruksi Bawaslu RI dalam mengedepankan komitmen Bawaslu untuk mempermudah masyarakat mendapatkan Informasi terkait seputar pengawasan Pemilu dan pemilihan yang telah dikerjakan oleh Bawaslu Kabupaten pasaman.

"Adanya pojok pengawasan ini, diharapkan akan semakin memudahman masyarakat dalam mendapatkan data dan informasi seputar pengawasan Pemilu.
Semoga PPID dan Pojok pengawasan ini berjalan dengan baik," ujarnya.

Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sumbar, Elly Yanti mengapresiasi diresmikan pojok pengawasan dan PPID di Bawaslu Pasaman. Masyarakat, kata dia, akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang kepemiluan seiring hadirnya pojok pengawasan dan PPID tersebut.

"Ini bagian dari keterbukaan informasi publik. Namun, ada batasan batasan, sebab tidak semua informasi itu bisa dibuka atau diakses oleh publik," ujarnya.

Kordiv PHL Bawaslu Pasaman, Mesrawati mengungkapkan, PPID ini merupakan upaya Bawaslu dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik. Harapannya, masyarakat semakin percaya kepada Bawaslu dalam menjalankan fungsinya.

"Kita berharap, pojok pengawasan ini dapat berfungsi maksimal. Melalui pojok pengawasan masyarakat bisa mendapatkan informasi seputar pemilu, sehingga mereka bisa ambil bagian dalam melakukan pengawasan," tukas Mes. (*)

Reporter : Yudi Lubis / Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]