Puskesmas Sungai Durian Tanam 100 Pohon Daun Kelor di Desa Santur


Jumat, 19 Juni 2020 - 15:47:17 WIB
Puskesmas Sungai Durian Tanam 100 Pohon Daun Kelor di Desa Santur Tim Puskesmas Sungai Durian lakukan gerakan menanam seratus pohon Kelor di Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Kamis (18/6). Ist

HARIANHALUAN.COM - Puskesmas Sungai Durian Kecamatan Barangin kota Sawahlunto lakukan gerakan menanam seratus pohon Kelor di Desa Santur. Daun kelor merupakan super food mengandung antioksidan, dan mengandung gizi tinggi yang dapat membantu atau mencegah terjadinya anak yang terhambat pertumbuhannya atau stunting.

Kepala Puskesmas Sungai Durian Desfarina mengatakan, penanamannya diutamakan pada kebun Dasa Wisma dan rumah masyarakat yang memiliki balita. Sementara untuk pengolahannya nanti, sebut Desfarina akan bekerjasama dengan tim PKK dengan memberdayakan ibu-ibu pemilik Balita.

"Daun kelor bisa dibuat makanan sehat dan enak bagi balita. Dengan upaya ini kita berharap dapat menekan dan mencegah kasus stunting dikota ini," ujarnya.

Adapun bibit kelor diserahkan kepada keluarga stunting di Desa Santur oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto. Daun kelor diyakini banyak manfaatnya bagi kesehatan diantaranya dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat kuat tradisional untuk berbagai penyakit sebagaimana dikuatkan dengan hasil yang dikeliarkan oleh data organisasi kesehatan dunia (WHO).

" Kandungan asam amino esensial yang terdapat dalam daun kelor bisa membantu perkembangan bayi dalam kandungan. Untuk itu daun kelor juga direkomendasikan bagi ibu-ibu hamil agar kondisi tubuh lebih baik dan sehat," ujarnya.

Selain itu lanjutnya, tanaman kelor mempunyai nilai estetika tanaman hias yang mengeliarkan bonghol pada.oangkal batang. Bonggol ini diperoleh dari tanaman kelor yang berasal dari biji. Dan hal ini lanjutnya, akan bisa menambah koleksi tanaman hias bagi ibu-ibu disamping manfaat utama dari tanaman kelor itu sendiri.

"Tanaman Kelor mempunyai daya adaptasi yang baik sehingga dapat ditanam dimana saja, baik di dalam pot maupun di lahan perkarangan. Banyak manfaat yang di peroleh dari tanaman daun kelor ini, bagi maunusia maupun ternak. Apabila tanaman kelor tambah subur dapat di pangkas dan kayu pangkasan dapat di tanam lagi untuk memperbanyaknya, daun muda dapat di manfaatkan oleh manusia dan daun tuanya juga bisa untuk ternak seperti, Kambing, Sapi, Kelinci, Itik dan lainnya," katanya.

Setidaknya ada beberapa manfaat dari mengkonsumsi daun kelor, yakni mencegah radikal bebas, mengatasi diabetes, mencegah peradangan, mencegah obesitas, meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan resiko kanker. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]