Mendadak Pemerintah Lepas Tangan Soal RUU HIP, Ada Apa Gerangan?


Jumat, 19 Juni 2020 - 16:16:38 WIB
Mendadak Pemerintah Lepas Tangan Soal RUU HIP, Ada Apa Gerangan? Presiden Joko Widodo saat di Istana Bogor (foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Kepresidenan)

HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo tidak mengirimkan surat presiden (Surpres) yang merupakan tanda persetujuan pembahasan legislasi, atas Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) kepada DPR. Pemerintah juga tidak ikut campur terhadap usulan RUU yang murni merupakan inisiatif DPR tersebut.

Hal itu ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo saat menerima sejumlah purnawirawan TNI dan Polri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dikutip dari Okezone.com, Jumat, (19/6/2020).

"Ini (RUU HIP) 100 persen adalah inisiatif dari DPR, jadi pemerintah tidak ikut campur sama sekali," ujarnya dikutip dari rilis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Kepala Negara menjelaskan, bahwa isi rancangan tersebut belum diketahui olehnya dan pemerintah selalu memerhatikan suara-suara dari masyarakat. Untuk itu diputuskan bahwa pemerintah hingga saat ini menunda dan tidak mengeluarkan surpres tersebut.

"Ini sudah kita putuskan pada tiga hari yang lalu, bahwa kita akan menunda dan tidak mengeluarkan surpres terlebih dahulu," kata Presiden.

"Jadi daftar isian masalah (DIM) juga belum kita siapkan, karena memang kita belum mengetahui sebetulnya ini arahnya akan ke mana, karena ini memang inisiatif penuh dari DPR," imbuhnya. (*)

 Sumber : Okezone.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 14 Juni 2020 - 23:25:16 WIB

    PN Surabaya Tutup Setelah Seorang Hakim dan Juru Sita Meninggal Mendadak

    PN Surabaya Tutup Setelah Seorang Hakim dan Juru Sita Meninggal Mendadak HARIANHALUAN.COM - Pengadilan Negara (PN) Surabaya bakal tutup sementara selama dua pekan setelah ada seorang hakim dan seorang juru sita wafat mendadak. Selain itu juga lantaran terkonfirmasinya seorang Aparatur Sipil Negara.
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 21:14:04 WIB

    Irjen Pol Fakhrizal Legowo Meski Dicopot Mendadak

    Irjen Pol Fakhrizal Legowo Meski Dicopot Mendadak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Irjen Pol Fakhrizal dicopot dari jabatan Kapolda Sumatera Barat dan dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama bidang Sabhara dan Baharkam Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri)..
  • Jumat, 27 September 2019 - 21:22:10 WIB

    BREAKING NEWS: Mendadak, Menkum HAM Yasonna Laoly Mengundurkan Diri

    BREAKING NEWS: Mendadak, Menkum HAM Yasonna Laoly Mengundurkan Diri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Kabar mengejutkan datang dari Kabinet Kerja. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly yang terlibat berdebat panas saat Talk Show TV swasta soal aksi massa terkait penolakan RUU KPK dan tuntutan .
  • Rabu, 26 Juni 2019 - 22:14:28 WIB

    Jelang Sidang Putusan MK, Sandiaga Uno Mendadak Temui Prabowo Subianto

    Jelang Sidang Putusan MK, Sandiaga Uno Mendadak Temui Prabowo Subianto JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Mendadak malam ini  Calon wakil presiden (cawapres) 02 Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi kediaman calon presiden (capres) Prabowo Subianto di kediaman Prabowo di Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Ja.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]