Warga Pasaman Pertanyakan Program Pamsimas yang Tak Berfungsi di Jorong Pangian


Jumat, 19 Juni 2020 - 16:34:04 WIB
Warga Pasaman Pertanyakan Program Pamsimas yang Tak Berfungsi di Jorong Pangian Kondisi bangunan Pamsimas di Jorong III Pangian, ditutupi semak belukar dan terkesan dibiarkan.

HARIANHALUAN.COM - Warga Jorong III Pangian, Nagari Muaro Seilolo, Kecamatan Mapattunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, pertanyakan bangunan program nasional penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas).

Bangunan dengan anggaran hingga ratusan juta rupiah itu tidak berfungsi sejak dibangun tiga tahun lalu. Sejumlah fisik bangunan Pamsimas pun sudah mulai mengalami kerusakan.

Warga Jorong III Pangian, Sibet kepada Harianhaluan.com, Jumat (19/6/2020), mengatakan, bangunan Pamsimas di daerahnya dikerjakan pada 2017. Namun, sejak dibangun hingga sekarang tidak berfungsi.

"Dibangun 2018 tapi tak pernah berfungsi. Pipanya sudah dipasang, namun air tidak ada. Ada indikasi korupsi. Proyek air bersih Pansimas ini adalah proyek gagal," ungkap Sibet.

"Proyek Pamsimas pada 2017 lalu gagal. Sebab, sampai sekarang tidak dapat dimanfaatkan oleh warga," katanya.

Bendungan sebagai sumber air tertutup material batu dan pasir, bak penampungan air proyek Pamsimas mulai mengalami kerusakan dan ditumbuhi semak belukar, keran air berkarat, pipa saluran pun tidak ditanam.

"Seharusnya program Pamsimas ini menjadi solusi mengatasi masalah kekurangan air bersih disaat musim kemarau bagi warga. Tapi ini tidak sama sekali," ujarnya.

Kepala Jorong III Pangian, Abdul Gafar membantah proyek Pamsimas di kejorongan itu gagal total. Ia mengatakan, bahwa proyek Pamsimas di kampung itu sudah melewati uji fungsi sebelum diserahkan pengelolaannya kepada masyarakat.

"Kalau kondisi bangunan Pamsimas ini kurang terawat, pipa yang tidak ditanam, bendungan tertutup material, itu betul. Tapi, kalau dikatakan gagal fungsi, itu informasi yang keliru," katanya.

Dikatakan, panitia pengelola, pengadaan air minum dan sanitasi setempat mengalami kesulitan dalam melakukan pemeliharaan, karena tidak memiliki dana dan anggaran. Pasalnya, kata dia, masyarakat setempat enggan membayarkan kewajiban atas air yang sudah mereka nikmati.

"Warga ogah bayar iuran yang dipatok panitia tiap KK cuma sebesar Rp500, Apalagi mau dinaikkan menjadi Rp1000. Ini lah yang menjadi dasar kemarahan masyarakat, dan bilang proyek Pamsimas tidak berfungsi," ujarnya.

Lanjut Gafar, sebanyak 136 KK di Jorong III Pangian menikmati aliran air bersih yang dilengkapi meteran tersebut. Pembangunan fasilitas air minum dan sanitasi itu, dulu, menelan dana sekitar Rp214 juta.

"Jujur, kalau kondisi bangunan mulai dari intake, reservoir dan lain lain memang kurang terawat, namun itu disebabkan tidak adanya partisipasi masyarakat setempat. Bukan karena proyek itu gagal sejak awal," pungkasnya lagi. (*)

loading...
Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:31:11 WIB

    Wali Nagari Tarung Tarung Ajak Warga Patuh dengan Perda AKB

    Wali Nagari Tarung Tarung Ajak Warga Patuh dengan Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Walinagari Tarung Tarung, Asparuddin mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Ditambah pula dengan diterbitkannya Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) oleh Pemer.
  • Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:17:54 WIB

    UKL Dukcapil Lakukan Coklit Data Kependudukan Warga Kampung Pasar Gompong

    UKL Dukcapil Lakukan Coklit Data Kependudukan Warga Kampung Pasar Gompong HARIANHALUAN.COM - Petugas Kantor Unit Kerja Layanan (UKL) Dukcapil Lengayang melakukan kegiatan pelayanan pencocokan dan penelitian (Coklit) data kependudukan pada warga Kampung Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat. Coklit da.
  • Ahad, 11 Oktober 2020 - 14:54:18 WIB

    Bertambah! Hari Ini, Tujuh Warga Solsel Dilaporkan Positif Covid-19

    Bertambah! Hari Ini, Tujuh Warga Solsel Dilaporkan Positif Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Terjadi penambahan 7 orang warga Solok Selatan (Solsel) terkonfirmasi positif Covid-19 dan tiga orang dinyatakan sembuh. Berdasarkan data pantauan Covid-19, Minggu (11/10/2020) yang dirilis Humas Pemkab Sol.
  • Kamis, 17 September 2020 - 13:12:31 WIB

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19

    Ketua DPRD Mentawai Ajak Warga Patuh Prokes Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok mengimbau seluruh masyarakat Mentawai untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam memutus rantai penyebaran virus corona, khususnya terhadap peserta politik, pengusun.
  • Rabu, 09 September 2020 - 18:05:26 WIB

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong

    Jaga Lingkungan Tetap Asri, Warga di Nagari Ini Rutinkan Gotong Royong HARIANHALUAM.COM - Guna menjaga lingkungan tetap asri, pemerintahan Nagari Sikucua Tengah, Bamus, lembaga Masyarakat, Wali Korong dan Masyarakat Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman menggel.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]