WRS NewGen Terobosan Baru Pendektesian Dini Gempa dan Tsunami di Sumbar


Jumat, 19 Juni 2020 - 18:00:44 WIB
WRS NewGen Terobosan Baru Pendektesian Dini Gempa dan Tsunami di Sumbar Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Irwan Slamet. Dok tribun

HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 14 daerah di Sumatra Barat akan dipasangkan Warning Receiver System (WRS) di berbagai wilayah rawan gempa dan tsunami. WRS yang akan dipasang merupakan jenis WRS NewGen yang merupakan jenis alat terobosa baru dari BMKG.

"WRS NewGen yang berbeda dengan WRS sebelumnya. Alat merupakan terobosan baru BMKG dalam penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami, karena alat ini akan memberikan informasi gempa secara lebih cepat karena bersifat real time," kata Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Irwan Slamet, Kamis (18/6/2020).

Dengan terpasangnya WRS NewGen ini diharapkan dapat meningkatkan performa penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami dari BMKG Pusat Jakarta ke kantor unit pelaksana teknis BMKG, Pemerintah Daerah, Lembaga atau Kemeterian, Media, dan lembaga lain yang terkait penanganan bencana.

"Harapan kita dengan adanya percepatan penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami ini, maka akan dapat mempercepat respon dalam penanganan bencana, sehingga dapat memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat Indonesia dari bencana," katanya.

Nantinya alat ini akan dipasang 14 titik di daerah Sumbar yang akan dikerjakan dalam bulan ini. 14 titik tersebut yakni, Pusdalops Kota Padang, Pusdalops Provinsi Sumbar, Kantor BPBD Provinsi Sumbar, Angkasapura BIM, BPBD Kota Pariaman, BPBD KabupatenSolok, BPBD Limapuluh Kota, Stageof PPI, BPBD Kabupaten Agam, BPBD Kabupaten Pasaman, BPBD Kabupaten Pasaman Barat, BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, BPBD Kabupaten Solok Selatan dab BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Sejak Tahun 2015 Sumbar sudah terpasang empat peralatan WRS dan 12 DVB (Digital Video Broadcast)," kata Irwan. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 13:16:40 WIB

    Rawan Gempa, BMKG Pasang 14 WRS New Generation di Sumbar

    Rawan Gempa, BMKG Pasang 14 WRS New Generation di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Wilayah Indonesia merupakan bagian dari jalur gempa dunia yang terbentang dari Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Flores, Alor, Laut Banda, Seram, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua. Sebagai wilayah yang terletak .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]